Salah satu adegan saat pelaku membacok bagian leher korban. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja menggelar rekonstruksi (Reka adegan) kasus dugaan tindak pidana pembunuhan di Lapangan Tembak Polresta Barelang, Selasa (17/1/2023).

Peristiwa pembunuhan tersebut terjadi pada Sabtu (24/12/2022) sekira pukul 13.30 WIB di Perumahan Baloi Center Blok C Nomor 114, Baloi Indah, Lubuk Baja.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono, Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja AKP Thetio Nardiyanto, Jaksa Imanuel, personel Unit Identifikasi Satreskrim Polresta Barelang, pengacara tersangka, para saksi dan tersangka Iwan.

Dalam rekonstruksi tersebut tersangka Iwan dengan pengawalan kepolisian.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan 17 reka adegan, yang diperankan langsung oleh saksi-saksi dan tersangka dengan menggunakan sebilah parang dan satu linggis sepanjang sekitar 120 cm.

“Rekonstruksi ini sangat penting sebagai gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindak pidana tersebut dan untuk menguji kebenaran keterangan pelaku ataupun saksi yang ada. Sehingga dapat diketahui benar tidaknya tersangka melakukan Tindak Pidana tersebut seperti yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP),” ujar Kapolsek.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaku ditangkap setelah 4 hari kejadian dilaporkan. Motif pelaku melakukan pembunuhan karena merasa sakit hati dan cemburu terhadap korban.

“Karena (MD) istri pelaku mau cerai dengan pelaku, dan akan menikah dengan korban,” ujar Kapolsek saat itu.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 340 KUHPidana (perencanaan) jo Pasal 338 KUHPidana.

“Ancamannya hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya dua puluh tahun,” tegasnya.(*/srd)