Pemain timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menjebol gawang Filipina.

FILIPINA – Tim nasional (Timnas) Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai peringkat kedua (Runner up) Grup A usai membekuk Filipina 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023). Poin Indonesia dan Thailand sama-sama 10, tapi Indonesia kalah selisih perolehan gol. Indonesia 12 dan Thailand 13 gol.

Di laga ini, pelatih Shin Tae-yong (STY) menurunkan trio Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan dan Saddil Ramdani di lini depan. Di tengah ada Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan. Di belakang diperkuat Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Rizky Ridho, dan Asnawi Mangkualam.

Dimenit awal Indonesia terus ditekan pemain lawan. Sepuluh menit kemudian, Indonesia mulai menetralisir serangan lawan. Gol pun tercipta di menit ke-21 lewat sundulan Dendy Sulistyawan usai memanfaatkan lemparan bola dari pinggir lapangan dari Pratama Arhan.

Dua menit kemudian, Indonesia harus mengganti kiper utama Nadeo Argawinata karena cedera. Shin memasukkan kiper Syahrul Trisna.

Serang bertubi-tubi terus dilakukan Indonesia, namun belum membuahkan gol. Di menit ke-43, anak asuh STY menambah koleksi gol dari pemain usia 18 tahun Marselino Ferdinan yang menerima assist dari Saddil Ramdani.

Di menit ke-83, Indonesia terpaksa kebobolan dari pemain pengganti Sebastian Rasmussen, yang menang dalam adu tandukan di muka gawang. Skor berubah 2-1.

Dua menit kemudian, STY memasukkan pemain menyerang seperti Egy Maulana, Yakob Sayuri dan Ilija Spasojevic. Namun hingga akhir laga, skor tidak berubah dengan kemenangan Indonesia.

Dengan kemenangan ini Indonesia menuju babak semifinal. Diprediksi Indonesia yang berstatus runner up Grup A akan berjumpa dengan Vietnam, yang kini masih memuncaki klasemen di grup B Piala AFF 2022 dengan raihan 7 poin, dibawahnya ada Singapura (7 poin) dan Malaysia (6 poin). Indonesia vs Vietnam main pada 6 Januari 2023.

Sedangkan tanggal 3 Januari 2023, Vietnam akan melakoni laga pamungkas grup B melawan Myanmar. Dan juga Malaysia vs Singapura yang sama-sama ingin kemenangan.(red)