Kylian Mbappé Lottin.

JAKARTA – Piala Dunia Qatar 2022 usai digelar Minggu (18/12/2022). Di partai final, Argentina berhasil menekuk Prancis di Stadion Lusail, Lusail, Qatar dalam drama adu pinalti 4-2 (usai pertandingan normal 3-3).

Dalam pesta sepakbola empat tahunan ini, bintang Prancis, Kylian Mbappé Lottin berhasil membawa pulang sepatu emas, setelah mengumpulkan 8 gol. Sedangkan Lionel Messi mengantongi 7 gol (membawa bola emas) setelah 26 kali penampilannya di Piala Dunia.

Pria berusia 24 tahun ini juga mencatatkan tendangan paling kencang, saat melesakkan si kulit bundar di babak kedua untuk menyamakan skor 2-2 kontra Argentina.

FIFA mencatat kecepatan tendangan Kylian Mbappé Lottin mencapai 123,34 km/jam, sehingga menjadi tembakan pencetak gol terkuat di turnamen ini. Dalam laga final ini ia juga mencetak hat-trick.

Dari jumlah gol di laga final tersebut, FIFA juga mencatat rekor tertinggi dari peroleh jumlah gol. Dalam Piala Dunia FIFA ini, sebanyak 172 gol dicetak. Hal ini melampaui rekor turnamen sebelumnya sebanyak 171 gol, yang dicapai pada 1998 dan 2014.

Untuk diketahui, saat ini Mbappe bermain sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain. Pria kelahiran 20 Desember 1998 ini mengawali kariernya di akademi remaja di AS Bondy, INF Clairefontaine, dan Monaco. Klub terakhir ini membuat debutnya sebagai seorang pemain profesional.

Mbappé pun menjadi starter reguler dan pencetak gol untuk tim pertama di musim 2016-2017, membantu klub mendapatkan gelar pertama mereka di Ligue 1 di usia 17 tahun. Musim berikutnya, ia bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan kontrak pinjaman, dengan kesepakatan di tempat untuk dapat bergabung dengan klub secara permanen di akhir musim dengan biaya sekitar €180 juta.(red)