Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra saat mengekspos pelaku curat. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pelaku kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) terhadap anak-anak di Sagulung dibekuk polisi. Kini, tiga pelaku mendekam di sel tahanan Polsek Sagulung yakni berinisial F (26), R (25) dan I (23). Sedangkan pelaku N (24) masuk daftar pencarian orang (DPO).

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra mengatakan, peristiwa itu bermula saat korban dan kawan-kawannya sedang duduk di Ruko Cipta Grand Tunas, Sei Binti, Sagulung pada Kamis (24/11/2022).

Tiba-tiba datang mobil Cayla putih berhenti. Kemudian pelaku N (DPO) turun dari mobil dan menanyakan kepada saksi F,” Apa kamu kenal dengan nama Ricky”. Saksi menjawab,” Tidak kenal”.

Pelaku kembali bertanya kepada korban yang berusia 14 tahun, dan langsung membawa korban ke dalam mobil. Di perjalanan dalam mobil pelaku N meminta handphone korban, dengan alasan ingin melihat messenger. Karena korban takut, maka langsung memberikan handphonenya kepada pelaku.

Sesampai di sekitar Aviari, korban diturunkan, namun HP korban tidak dikembalikan. Setelah turun dari mobil, korban bertemu dengan orang yang tidak dikenal dan meminjam HP untuk menghubungi orang tua korban.

“Kemudian orang tua korban datang dan langaung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sagulung,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, pelaku I diamankan di Capung Marina, Sekupang. Sedangkan pelaku F dan R diamankan di SPBU Paradise Batu Aji.

Kapolsek menghimbau kepada masyarakat wilayah Polsek Sagulung untuk tidak perlu resah, karena tidak benar adanya penculikan anak-anak yang viral di media sosial.

“Sampai saat ini kita belum ada menerima laporan penculikan anak-anak,” ucapnya.

Ia juga meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap anak-anaknya.

“(Kasus) yang kita ungkap sekarang ini adalah pencurian dengan pemberatan yang kebetulan korbannya anak-anak usia 14 tahun,” paparnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 KUHP.

“Ancaman hukumannya selama lamanya 7 tahun penjara,” tegas Kapolsek saat konfrensi pers didampingi Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba, Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Hasmir di Mapolsek Sagulung, Senin (5/12/2022).(*/srd)