Suasana Bimtek Penyelesaian Sengketa Pemilu, di Hotel Santika, Batam Centre, Selasa (22/11/2022). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Untuk meningkatkan kemampuan dalam proses penyelesaian sengketa pemilu, Panwaslu kecamatan (Panwascam) Se-Kota Batam mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelesaian Sengketa Pemilu, di Hotel Santika, Batam Centre, Selasa (22/11/2022).

Komisioner Bawaslu Kota Batam, Bosar Hasibuan, mengatakan, panwascam harus selalu meningkatkan kapasitasnya. Apalagi tahapan pemilu saat ini sudah berjalan, tidak hanya mengawasi saja, tetapi juga banyak lagi yang harus dikerjakan.

“Panwascam mempunyai kewenangan untuk menyelesaikan sengketa cepat yang terjadi di kecamatan. Kita harus update terus terutama mengenai peraturan yang mengatur dalam proses penyelesaian sengketa cepat, harus siap,” ujar Bosar.

Ia menekankan agar panwascam memahami dan mempelajari peraturan-peraturan yang ada, baik Undang-Undang Pemilu, Perbawaslu dan PKPU. Pemilu 2024 merupakan pemilu yang sangat kompleks, apalagi tahapan pemilu dan pilkada berjalan beririsan.

Komisioner Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajaguguk juga mengatakan, panwascam bisa langsung aktif di lapangan melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Bimtek fasilitasi penyelesaian sengketa tersebut dengan menghadirkan narasumber Anggota Bawaslu RI periode 2017-2022 Frits Edward Siregar, Bawaslu Provinsi Kepri Indrawan dan anggota Bawaslu Kota Batam.(*/srd)