Presiden Jokowi memberikan sambutan di Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin (3/10/2022).

JAKARTA (BATAMLAGI.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah dalam waktu dekat ini kemungkinan akan menyatakan pandemi Covid-19 berakhir.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujar Presiden Jokowi saat Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Dikatakan Presiden, situasi ekonomi dunia tidak sedang berada dalam kondisi baik. Ketidakpastiannya sangat tinggi. Saat ini kondisi perekonomian dunia belum berjalan normal pasca pandemi, ditambah lagi adanya perang di Ukraina.

“Semua negara dalam posisi sulit sekarang ini, bahkan negara-negara maju pun berada di posisi yang sangat sulit,” ujarnya.

Dijelaskan, sekarang ini krisis pangan, energi, krisis finansial sedang terjadi. Tapi di Indonesia alhamdulillah di kuartal kedua tahun 2022 ini masih bisa tumbuh 5,44 persen (year on year/yoy).

“Saya meyakini di kuartal ketiga kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi (5,44). Kuncinya kita semua harus kompak, bersinergi, memiliki perasaan yang sama,” ucapnya.(*/red)