Rabbani Tasnim saat menceploskan bola ke gawang Tim Vietnam. Foto tangkapan layar..

SURABAYA (BATAMLAGI.COM) – Timnas Indonesia U-20 berhasil menumbangkan Timnas Vietnam dengan skor 3-2 di pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022) malam.

Dengan kemenangan ini, anak asuh Shin Tae-yong tersebut menjadi juara grup dengan nilai 9, dari tiga kali kemenangan melawan  Tim Timor Leste dan Hongkong. Dan otomatis tercatat sebagai salah satu kontestan Piala Asia 2023 di Uzbekistan.

Dalam laga ini, tiga gol kemenangan Indonesia dicetak di antaranya oleh Marselino Ferdinan menit ke-60, Muhammad Ferrari menit ke-82 dan Rabbani Tasnim menit ke-85.

Sedangkan 2 gol dari Vietnam dicetak Nguyen Thanh Nhan menit ke-66 dan gol bunuh diri Ferrari menit ke-79.

Di awal babak pertama Indonesia terus menekan pertahanan Vietnam. Peluang kerap tercipta dari pemain Timnas Indonesia, namun si kulit bundar masih berhasil diamankan kiper Vietnam, Cao Vin Binh.

Serangan Vietnam juga sempat mengancam gawang Garuda Nusantara yang dikawal Aditya Arya Nugraha. Namun hingga pertama berakhir, skor masih 0-0.

Di babak kedua, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasukkan Marselino Ferdinan untuk menambah kekuatan di lini depan.

Di menit ke-60, Marselino berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti menjebol gawang yang dijaga kiper Vietnam Cao Van Binh.

Namun enam menit kemudian, Vietnam berhasil menyamakan kedudukan melalui Nguyen Thanh Nhan.

Bagai mendapat angin, Vietnam terus menyerang. Dimenit ke-79 serangan itu berbuah gol untuk Vietnam, setelah Ferrari pemain belakang terlambat mengantisipasi bola sehingga masuk ke gawang sendiri. Skor 2-1 untuk Vietnam.

Tapi 3 menit kemudian, gol balasan tercipta dari Timnas Indonesia dari heading Muhammad Ferrari ke gawang Vietnam. Skor berubah 2-2.

Laga rivalitas ini semakin seru. Tiga menit kemudian, Nico Alfrianto yang lincah menyerang masuk ke pertahanan Vietnam, dengan sepakan keras mengirim bola ke mulut gawang yang dapat mengecoh kiper Vietnam. Si kulit bundar yang berada di mulut gawang diceploskan Rabbani Tasnim. Skor berubah 3-2 untuk Timnas Indonesia. Teriakan dan dukungan suporter pun kembali menggema. Hingga peluit tambahan waktu hingga 4 menit di babak 2 itu ditiup wasit, skor tidak berubah untuk kemenangan Tim Garuda Nusantara.(*/red)