Upacara Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Bulan Gebang, Batu Aji. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N bersama Forkopimda Kota Batam mengikuti Upacara Kehormatan dan Renungan Suci untuk memperingati akan jasa para pahlawan Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Kota Batam di TMP Bulan Gebang, Batu Aji, Rabu (17/8/2022) dinihari.

Renungan suci merupakan rangkaian dalam memperingati HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2022 itu, ditandai dengan penghormatan kepada pejuang yang gugur memperjuangkan kemerdekaan 77 tahun silam.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada pimpinan upacara, dilanjutkan penghormatan arwah pahlawan dipimpin inspektur upacara, kemudian penyalaan obor serta pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci dan dilanjutkan mengheningkan cipta kepada arwah pahlawan.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengenang sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan RI yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Upacara ini dilaksanakan setiap tahunnya, untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur di medan perang pada saat membela negara Republik Indonesia, serta untuk menumbuhkan jiwa patriotisme.

“Mari di HUT RI ke-77 ini kita tingkatkan lagi rasa persaudaraan, jaga toleransi antar umat dan golongan, serta jauhi paham-paham radikalisme yang dapat merusak ideologi pancasila yang dapat memecah belah bangsa,” ujar Kapolresta.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0316 Batam Letkol inf Galih Bramantyo bertindak sebagai pimpinan apel. Turut hadir Wakil Wali Kota Batam H. Amsachar Ahmad, Dandenpom 1/6 Batam Letkol CPM Roby Zulkarnaen, Kejari Batam Herlina Setyarini, Sekda Kota Batam Jefridin Hamid, Danlanal Batam diwakili Mayor Laut (T) Agung Wijayanto, Kapolsek Batu Aji Kompol Daniel Ganjar Kristanto.

Kemudian diikuti oleh pasukan peserta upacara kehormatan dan renungan suci yang terdiri dari 1 Sst Kodim 0316/Batam, 1 Sst Yon 10 marinir, 1 Sst Yonif 136/RK, 1 Sst Lanal Batam, 1 sst Lanud Batam, 1 Sst Sabhara Polresta Barelang, 1 Sst Brimob Polda Kepri, 1 Sst Satpol PP, 1 sst Gabungan Pama TNI/Polri dan 1 sst OPD Kota Batam.(*/srd)