jamaah haji dari Batam-Jambi dan Riau saat berada di ruang tunggu Bandara Hang Nadim. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim melakukan kegiatan pengamanan keberangkatan jamaah haji dari Batam-Jambi dan Riau, Selasa (2/8/2022) pukul 00.17 WIB.

Mereka menggunakan pesawat carter Lion air dengan kode penerbangan JT 5602 dengan jumlah 150 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 71 orang perempuan 79 orang yang berangkat.

Kemudian keberangkatan jamaah haji dari Batam-Jambi dengan menggunakan pesawat carter Lion air dengan kode penerbangan JT 5604 dengan jumlah 149 orang dengan rincian Laki-laki sebanyak 64 orang perempuan 65 orang yang diberangkatan kira-kira pukul 00.30 WIB menuju Jambi.

Lanjut lagi sekira pukul 11.35 WIB keberangkatan jamaah haji dari Batam-Riau dengan menggunakan pesawat carter Wing Air dengan kode penerbangan IW2340 dengan jumlah 12 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 5 orang perempuan 7 orang.

Sesampainya di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam rombongan jamaah haji tidak dilakukan pemeriksaan antigen oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Lanud Hang Nadim Batam, mengingat para jamaah haji tersebut dikarantina di Asrama Haji Batam.

Personel Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim berdialog dengan jamaah haji telah melaksanakan haji yang ada di area keberangkatan, dengan menyampaikan pesan kamtibmas agar lebih waspada terhadap aksi kejahatan yang tidak mengenal tempat dan waktu.

Mengingat Bandara Hang Nadim yang ada di Batam cukup ramai pada saat ada pesawat yang datang, sehingga perlu antisipasi dan waspada terhadap tindak pidana pencurian.

Serta menghimbau kepada rombongan jamaah haji untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk pencegahan/ memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kota Batam.

Kapolsek Kawasan Bandara Hang Nadim Batam, Iptu Kumala Enggar Anjarani mengatakan, melalui kegiatan patroli dialogis, petugas kepolisian dapat langsung berikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

“Kami berharap rombongan jamaah haji secara sadar tetap menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari guna menjaga diri dan mencegah penularan Covid-19, sehingga penyebarannya dapat ditekan semaksimal mungkin,” ungkap Kapolsek.(*/srd)