Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. Foto: instagram.

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Asnah mengundurkan diri dari Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Provinsi Kepri. Ternyata, mengundurkan diri itu tidak membuat kaget elit PD, karena sebelumnya telah disampaikan ke DPP PD.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan, rencana pengunduran diri Asnah sudah disampaikan yang bersangkutan kepada DPP PD.

“Jika saudara Kamarudin tidak terpilih pada posisi atau jabatan tertentu di DPC Batam, Asnah akan mengundurkan diri dari jabatannya,” tulis Teuku Riefky Harsya dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Dikatakannya, DPP PD telah berupaya untuk mengakomodir Kamarudin yang merupakan menantu dari Asnah, pada posisi dan jabatan strategis lain, namun Asnah tidak dapat menerimanya.

“DPP Partai Demokrat sebagai partai yang berdaulat, tidak dapat diancam oleh pihak manapun, apalagi hanya karena kepentingan individu dan politik praktis semata,” tegasnya.

Untuk itu, DPP Partai Demokrat menyambut baik rencana pengunduran diri Asnah dan telah menyiapkan penggantinya sebagai Plt Ketua DPD PD Provinsi Kepri.

Dijelaskan juga, merujuk pada Anggaran Dasar Partai Demokrat tahun 2020, Pasal 42 ayat 5 yang berbunyi “Dalam hal Ketua DPD tidak menjalankan tugas kewajibannya dan atau berhalangan tetap, DPP menunjuk salah satu pengurus DPP atau salah satu Wakil Ketua DPD sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD sampai dengan dilaksanakannya Musda atau Musdalub.”

Sehingga sehubungan hal itu, DPP PD telah menunjuk Didik Mukrianto, Pengurus DPP Partai Demokrat, jabatan Kepala Departemen, sebagai Plt Ketua DPD PD Provinsi Kepri.

Saat ini, Didik Mukrianto juga merupakan anggota DPR RI Fraksi PD, Komisi III Bidang Hukum dan HAM.

Teuku Riefky juga mengatakan, sebagian besar jajaran pengurus DPD Provinsi Kepri dan struktur di bawahnya, termasuk 7 ketua DPC PD di wilayah Provinsi Kepri, tetap solid dan terus menjalankan roda organisasi seperti biasa.
“Demokrat tetap konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat Kepri, karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat,” tutupnya.

Seperti diketahui, Asnah dilantik jadi Ketua DPD PD Provinsi Kepri periode 2022-2027 di Hotel Aston Batam pada Senin (11/4/2022). Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang melantik secara virtual.

Saat itu Asnah mengatakan, ia bertekad dan berupaya untuk membesarkan PD di tanah Melayu ini, dan menjadi pemenang di pemilu serentak 2024.

“Kita berupaya untuk merebut kembali semua pada pemilu 2024 nanti. Insya Allah kita akan bisa memenangkan dan mendapatkan kursi yang lebih dari hari ini di DPRD Provinsi maupun di kabupaten dan kota. Bersama kita kuat dan bersama kita bangkit,” ujar Asnah.(*/red)