Barang yang terbakar diangkut lori. Foto: BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ruko di Komplek Sri Jaya Abadi Blok I Nomor 2 (CV. Surya Citra Niaga) yang terbakar pada Jumat (29/7/2022) malam, mulai dibersihkan. Barang barang-barang yang hangus dibawa keluar.

Pantauan di lokasi pada Minggu (31/7/2022) siang, sebagian barang-barang yang sudah gosong, bekas terbakar dibawa keluar ruko. Seperti kaleng-kaleng dan sejumlah sepeda anak-anak.

“Ini (sepeda mainan) titip orang,” kata Koko yang mengaku hanya membantu membersihkan barang-barang bekas kebakaran itu saat ditemui di depan ruko berlantai III itu.

Puluhan sepeda anak-anak itu sudah tinggal kerangka besinya saja. Ada sebagian plastik di bagian pedalnya yang menempel, tak utuh lagi kena api. Selanjutnya, besi sepeda itu diangkut lori.

Saat sekitar 4 orang mengangkat rongsokan sepeda-sepeda itu, insiden kecil terjadi. Seorang pemulung datang, tanpa permisi lalu mengambil besi sepeda itu. Ulah pemulung yang membawa becak motor itu diketahui warga. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lalu pria pemulung itu cepat-cepat disuruh pergi.

“Sudah kena musibah, ada juga yang memanfaatkan,” ujar koko yang tidak habis pikir dengan perbuatan pemulung itu.

Padahal kata Koko, sehari sebelumnya, pemulung itu sudah diberi barang untuk dibawa pulang. “Kemarin sudah diberi barang, itu memang tidak dipakai. Ini datang lagi,” ucapnya, kesal.

Terkait musibah yang dialaminya itu, Koko tidak mengetahui apa yang menyebabkan kebakaran itu. Ia juga mengatakan, memang sebelum peristiwa itu, pemilik ruko melakukan ibadah dengan bakar-bakar di depan ruko. Selanjutnya, setelah ibadah selesai, pintu ruko ditutup rapat, lalu pulang ke rumahnya yang juga ada di bilangan Nagoya.

“Saya tak tahu, penyebab kebakarannya apa. Nanti kalau mau nanya-nanya sama yang punya ruko ya,” ucapnya.

Namun, pria ini bersyukur, api tidak menjalar ke ruko yang ada di samping kanan dan kirinya. “Iya untung juga tak kena,” imbuhnya.

Sementar itu, kondisi lantai III menghitam. Jendela di lantai II juga gosong. Sejumlah kain-kain tampak gosong. Sedangan di lantai 1 masih sebagian barang-barang masih utuh, karena tidak kena dijilat api.

Seperti diberitakan sebelumnya, ruko berlantai III di Komplek Sri Jaya Abadi Blok I Nomor 2, Kelurahan Lubuk Baja Kota, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, ludes dilahap api pada Jumat (29/7/2022) malam. Kerugiannya mencapai miliaran rupiah.

Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono, mengatakan, kebakaran ini awalnya terlihat oleh saksi yang sedang ibadah di depan ruko milik korban. Adanya kepulan asap di lantai II ruko tersebut lantas diberitahukan kepada korban yang merupakan pemilik tempat usaha tersebut.

Kapolsek juga mengatakan, penyebab dari kebakaran tersebut belum diketahui. Akibat dari musibah tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 1 miliar.

“Tidak ada korban jiwa (dalam peristiwa ini),” ungkap Kapolsek.(*/red)