Kedatangan jamaah haji Sambas di Asrama Haji Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Beberapa hari ini, kedatangan jamaah haji mendapat pengawalan dari pihak kepolisian, seperti Polsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam, Polsek Bandara dan Polsek Batam Kota.

Kamis (28/7/2022), kedatangan para jamaah haji dikawal jajaran Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim setiba di bandara.

Jamaah haji yang berangkat dari Jeddah ke Batam dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Jenis Boeing 747 – 400 dengan kode penerbangan SV5074. Jumlahnya 446 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 202 orang, perempuan 224 orang.

Sesampai di bandara, rombongan jamaah haji langsung dilakukan pemeriksaan antigen oleh TIM Gugus Tugas Covid-19 lanud Hang Nadim Batam. Guna mencegah penyebaran Covid-19 yang baru di Batam.

Kapolsek Kawasan Bandara Hang Nadim Batam Iptu Kumala Enggar Anjarani mengatakan, melalui kegiatan patroli dialogis, petugas kepolisian dapat langsung berikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

“Kami berharap rombongan jamaah haji secara sadar tetap menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari guna menjaga diri dan mencegah penularan Covid-19 sehingga penyebarannya dapat ditekan semaksimal mungkin,” ungkap Kapolsek.

Di hari yang sama, Polsek Batam Kota melakukan pengamanan dan pengawalan jamaah haji asal Provinsi Kalimantan Barat menuju ke Asrama Haji Batam Centre Kota Batam. Hal ini demi kelancaran dan kenyamanan setelah melaksanakan ibadah sucinya.

Jumlah jamaah sebanyak 446 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 196 orang, perempuan 243 orang dan petugas sebanyak 7 orang.

Kapolsek Batam Kota Kompol Nidya Astuty W mengatakan, seluruh personil mengikuti pengamanan di Asrama Haji Batam, ikut membantu membawa barang-barang para jamaah haji demi kecepatan serta kelancaran dalam kegiatan ini.

“Supaya para jamaah haji bisa cepat istirahat dengan nyaman. Ungkapnya.

Di hari sebelumnya, Selasa (26/7/2022) sore, jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam dan Sat Lantas juga melakukan pengamanan kedatangan jamaah haji asal Kota Tanjung Pinang yang akan kembali ke Tanjung Pinang melalui Pelabuhan Pemprov Punggur.

Jumlah jamaah haji asal Tanjung Pinang sebanyak 94 orang. Mereka berangkat naik Kapal Mv Oceana Dragon 6 sekira pukul 17.10 WIB.

Kapolsek KKP AKP Yusriadi Yusuf menyampaikan, pihaknya dan petugas lainnya membantu untuk kelancaran dan kenyamanan para jamaah haji asal Kota Tanjung Pinang.

“Alhamdulilah selama pelaksanaan kegiatan pengamanan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif atas kerjasama dari kita semua,” ucapnya.(*/srd)