Suasana ijab kabul pasangan Rani Rafitriyani dan Harry Rezeki Utama Siregar. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Rani Rafitriyani S.STP, M.Ak, kini sudah sah menjadi istri Kapten Inf Harry Rezeki Utama Siregar, ST.Han. Keduanya sah menjadi pasangan suami istri setelah ijab kabul tepat pukul 10.15 WIB di kediaman mempelai perempuan, Perumahan Rosedale, Batam Centre, Kamis (28/7/2022) pagi.

Akad nikah langsung dipimpin ayahanda Rani, H Muhammad Rudi. Rani merupakan putri pasangan Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina. Sedangkan Harry, putra pasangan Zulbakti Siregar dan Rismawati Lubis.

Prosesi akad nikah berlangsung dengan tradisi Melayu yang kuat. Pengantin lelaki, tiba di kediaman dengan iringan kompang. Sesampai di lokasi, Harry, bersama kedua orang tuanya disambut silat pengantin. Ada tiga pesilat yang tampil. Seorang anak-anak, perempuan remaja san lelaki dewasa. Setelah itu dilanjutkan dengan tari sekapur sirih.

Prosesi selanjutnya adalah menyerahkan hantaran. Ada tiga hantaran yang diserahkan langsung oleh perwakilan lelaki, yaitu tepak sirih, bunga rampai dan emas kawin. Sementara hantaran lainnya diserahkan langsung. Dari pihak perempuan membalas hantaran tersebut dengan sebuah tepak sirih. Hantaran lainnya juga langsung diserahkan. Prosesi serah terima hantaran ini dilakukan dengan berbalas pantun perwakilan para pihak.

Setelah selesai hantaran, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran. Kemudia diteruskan dengan prosesi ijal kabul langsung diserahkan kepada Kepala KUA Kecamatan Batam Kota. HMR duduk berdampingan dengan Kepala KUA. Sementara Harry duduk berhadapan di depan HMR. Dua saksi juga maju ke meja ijab kabul. Saksi dari pihak perempuan adalah Ketua MUI Kepri KH Bambang Maryono sementara Ketua MUI Kota Batam KH Lukman Rifai menjadi saksi dari pihak lelaki.

Ijal kabul berlangsung hanya sekali. HMR bersalaman dan langsung mengucapkan akad.

“Saya nikahkan dan saya kawinkan kepada engkau, anak kandung saya Rani Rafitriyani, dengan mas kawinnya emas logam mulia 28 gram tunai,” ucap HMR, saat menikahkan putri keduanya.

Harry langsung menjawab dengan sekali tarikan nafas: “Saya terima nikah dan kawinnya Rani Rafitriyani binti Muhammad Rudi, anak kandung bapak, dengan maskawinnya, emas logam mulia 28 gram tunai”

Para saksi langsung menyambut dengan kalimat: “Sah… Sah…”Tepuk tangan pun terdengar. Kini sudah sah sudah keduanya menjadi pasangan suami istri.

Setelah itu, dilakukan penandatanganan di buku nikah, baik oleh mempelai maupun para saksi dan Kepala KUA. Ustaz Hanan Attaki memberikan nasihat perkawinan pada prosesi ini.

Sebelum bersanding dan tepuk tepung tawar, Rani dan Harry terlebih dahulu melakukan sembah sujud kepada kedua orang tua mereka.(*/srd)