Maling motor saat diintogasi oleh Kapolsek Sekupang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Maling motor yang beraksi di di Kampung Bukit Tanjung Riau dibekuk jajaran Polsek Sekupang. Ternyata, pelaku berinisial RYS (35 tahun) sudah menyimpan kunci motor tersebut. Besoknya saat ada kesempatan motor dibawa kabur.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Sekupang Kompol Yudha Surya Wardhana menjelaskan, peristiwa itu berawal pada Jumat (15/7/2022) sekira pukul 15.00 WIB di Kampung Bukit Tanjung Riau, Kota Batam. Korban pulang dari tempat kerja memarkirkan sepeda motor di depan teras rumah korban dengan kondisi stang tidak korban kunci.

Lalu, korban masuk ke dalam rumah dan beristirahat. Sekitar pukul 17.45 WIB, korban bangun tidur, lalu keluar rumah menggunakan motor yang satunya lagi. Saat itu korban masih melihat motor Honda Revo Type NF 11B2D1 warna hitam tahun 2013 masih terparkir di depan teras rumah.

Kemudian sekira pukul 19.35 WIB korban keluar dari rumah. Namun saat korban kembali ke motor Honda Revonya sudah hilang. Kemudian korban melapor ke Polsek Sekupang.

Atas laporan itu, Unit Reskrim Polsek Sekupang mendatangi TKP untuk mengumpulkan keterangan saksi-saksi. Selanjutnya pada Minggu (24/7/2022) sekira pukul 11.00 WIB, Unit Reskrim Polsek Sekupang mendapat informasi bahwa motor korban yang hilang dipakai pria tidak dikenal di Tiban Center.

Mendapatkan Informasi tersebut Unit Reskrim Polsek Sekupang yang dimpin Kanit Reskrim Polsek Sekupang Iptu Muhammad Ridho bergerak cepat menuju lokasi, dan berhasil mengamankan pelaku RYS beserta motor hasil kejahatan milik korban.

Setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku, pelaku mengakui telah mencuri motor.

Kapolsek juga mengatakan, pelaku melakukan pencurian ini baru 1 kali, dan motor dipakai oleh pelaku. Sehari sebelumnya, pelaku sudah berniat mencuri motor itu.

“Karena situasi tidak memungkinkan, pelaku mengambil kunci motornya saja. Kemudian pada besok harinya saat malam harinya ada kesempatan, pelaku akhirnya melakukan pencurian tersebut,” papar Kapolsek.

Pada kesempatan itu, Kapolsek menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap kasus pencurian sepeda motor. Lengkapi dengan kunci ganda dan pastikan dalam keadaan terkunci. Dan jika memungkinkan parkirkan motor di dalam teras rumah untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Atas kejadian tersebut pelaku dijerat dengan 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” tutupnya.(*/srd)