Suasana di Pelabuhan Batu Ampar saat kedatangan KM Kelud, Rabu (20/7/2022). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, personil Polsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam memberikan pengamanan saat KM Kelud tiba dari Tanjung Priok, Jakarta di Pelabuhan Batu Ampar, Rabu (20/7/2022).

Selanjutnya pada hari yang sama, sekira pukul 12.10 WIB KM Kelud berangkat menuju Karimun, kemudian ke Belawan, Medan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam AKP Yusriadi Yusuf mengatakan, jumlah penumpang naik berjumlah 2.068 orang tujuan Karimun-Belawan Medan, penumpang transit 559 orang dan penumpang turun berjumlah 2.068 orang.

Polsek Kawasan Pelabuhan Batam dalam pengamanan hari ini menurunkan 10 personil dan dibantu Ditpam 10 personil, Kanpel Batam 4 personil, Bea Cukai 10 personil, Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam 8 personil dan BP Batam 7 personil.

Pengamanan dan pelayanan yang dilakukan meliputi penumpang turun dari Kapal sampai pintu keluar dan tempat keberangkatan calon penumpang sampai menaiki KM Kelud dengan sasaran pengamanan yakni penumpang yang turun dan naik, arus lalu lintas truk kontainer, kendaraan yang parkir di tepi jalan.

Kemudian dilakukan pemeriksaan dan razia secara acak terhadap barang bawaan penumpang untuk antisipasi dan pencegahan terjadinya tindak pidana Narkoba dan barang terlarang lainnya.

“Selain melaksanakan pengamanan, personel Polsek Kawasan Pelabuhan Batam menyampaikan himbauan protokol kesehatan kepada penumpang kapal untuk selalu mematuhi prokes,” ujar Kapolsek.(*/srd)