Pengalihan rute jalan Gajah Mada, Sekupang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Arus lalu litas di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Sekupang dialihkan pada Rabu (20/7/2022). Ini dilakukan karena adanya pemotongan bukit di area Southlink, guna pelebaran jalan.

Kasi Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan BP Batam, M Ghazali Djajasasmita dalam keterangan tertulisnya mengatakan, terkait kegiatan tersebut, pihaknya sejak sepekan lalu sudah mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait.

“Seminggu yang lalu kami telah mengadakan rapat koordinasi pengalihan arus lalu lintas Jalan Gajah Mada yang dihadiri oleh BP, Lantas Polres Barelang, Polsek Sekupang, Kelurahan Tiban Lama, Babinsa dan Babinkamtibmas, bahwa terhitung Rabu tanggal 20 Juli 2022 akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari U Turn Southlink sampai dengan U Turn Pura Agung Amerta Buana, begitu juga sebaliknya,” tulisnya.

Dijelaskan, arus lalu lintas dari Sekupang akan berbelok kanan di U turn Southlink menuju arah UIB (menggunakan jalan baru), dan berbelok kiri masuk ke U Turn di depan Pura.

Akses jalan baru dari UIB menuju Tiban sementara ditutup (karena digunakan untuk arus lalu lintas yang dari Shoutlink ke arah UIB).

Arus lalu lintas yang dari arah UIB menuju Tiban masuk ke jalur lama (tidak boleh lurus masuk ke jalan baru).

“Sebagai antisipasi kemacetan kami sudah melebarkan U Turn di depan Southlink dan di depan Pura. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut ini,” ucapnya

Lanjutnya, pengalihan lalu lintas ini harus dilakukan karena pihaknya akan konsentrasi untuk pekerjaan pemotongan bukit Southlink.

“Pekerjaan ini sangat beresiko terhadap keselamatan pengguna jalan dikarenakan bukit yang akan kami potong berupa bukit batu yang berhimpitan dengan jalan existing.
Di waktu yang bersamaan juga kami akan melakukan pemotongan bukit batu di sisi kiri arah ke Sekupang sebelum Tiban Lama,” paparnya.

Estimasi untuk pekerjaan ini kami hitung 4 bulan. Memang ini mengakibatkan ketidaknyamanan sebagai pengguna jalan.

“Untuk itu kami mohon maaf karena ini harus kami lakukan.
Dukungan, kerjasama sangat kami harapkan dan kami hargai demi kelancaran proyek ini,” tutupnya.

Pantauan dilapangan, Rabu pagi arus lalu lintas dari Sekupang arah Nagoya cukup lancar dan padat. Begitu juga dari arah sebaliknya. Tampak juga petugas kepolisian berjaga di U turn Southlink.(*/srd)