Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menerima cinderamata dari Asman Abnur. Foto Suradi. BatamLagi com.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, memberikan apresiasi kepada anggota DPR RI, Asman Abnur yang memberikan bantuan 350 lampu penerangan jalan umum Tenaga Surya (PJU-TS).

PJU-TS tersebut diberikan untuk masyarakat di Bida KSB RT02/RW10, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang. Bantuan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga di malam hari fasum menjadi terang benderang. Anak-anak bisa melakukan aktifitas seperti olahraga, pengajian dan kegiatan lainnya.

“Mewakili masyarakat Kota Batam dan Pemko Batam, kami ucapkan terima kasih banyak kepada bapak Asman Abnur atas aspirasinya,” kata Amsakar, Minggu (17/7/2022), di Fasum Bida KSB RW10, Kelurahan Patam Lestari, Sekupang.

Amsakar mengatakan, PJU selama ini memang menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Batam. Bahkan setiap musrenbang, PJU menjadi salah satu usulan yang sering disampakan oleh masyarakat.

Hal itu karena banyaknya pemukiman baru yang setiap tahun bertambah, seperti di wilayah Kabil. Dengan keterbatasan APBD, membuat Pemko Batam tidak dapat mengakomodir semuanya usulan tersebut bersamaan, sehingga ada yang dieliminir.

“Setiap musrenbang, banyak pemukiman-pemukiman baru yang mengusulkan PJU ini,” ujarnya.

Menurut Amsakar, APBD Kota Batam saat ini hanya sekitar Rp 3,2 triliun dan diperkirakan defisit sekitar Rp 300 miliar. Sehingga kemampuan APBD diperkirakan hanya sekitar Rp 2,9 triliun.

“Dengan anggaran sekitar Rp 2,9 triliun tersebut kita gunakan untuk memberikan insentif kepada RT/RW, kader posyandu, guru TPQ, Pendeta, imam masjid yang totalnya kurang lebih sekitar 20 ribu orang,” ungkapnya.

Selain itu, anggaran tersebut juga digunakan untuk meningkatkan dan menata infrastruktur daerah, kesehatan, pendidikan hingga sampai pokir DPRD Batam.

“Karena itu kami sangat memberikan apresiasi atas bantuan PJU-TS dari DPR dapil Kepri ini,” kata Amsakar.

Untuk saat ini Batam, membutuhkan sekitar 15 ribu titik PJU. “Dengan bantuan dari pak Asman Abnur ini tentu saja sangat membantu, semoga di tahun depan bisa bertambah lagi,” ungkap Amsakar.

Asman Abnur dalam sambutannya mengatakan, ia merasa sangat bersyukur karena masyarakat memuji ESDM atas bantuan tersebut. Untuk Batam membutuhkan 15 ribu Lampu Penerangan Jalan, 2 tahun paling banyak hanya 1.000 titik. Semoga pulang dari sini bisa berubah menjadi 2.000 titik,” harap Asman.

Lebih lanjut Anggota Komisi VII DPR RI tersebut mengungkapkan, karena sering di lapangan maka bahasa lapangan yang dirasakan itu yang harus ditangani. Masalah bukan yang kita baca, contoh pak Lurah bilang, sini gelap kalau malam, kalau kita cari solusinya selesai. Saya selalu yang kurasakan harus kita selesaikan,” ungkap Asman.

Sekarang jalan dimana-mana udah lebar investor yang masuk ke Batam luar biasa, sebentar lagi kita akan kekurangan lahan. Saat ini lagi melakukan pembangunan pelabuhan Batu Ampar akan dijadikan pelabuhan Internasional, jadi kalau mengirim barang kapal tidak perlu lagi singgah ke Singapura, bisa langsung ke Hongkong,” ungkapnya.(*/srd)