jajaran kepolisian saat memberikan penyuluhan dan pembelakan kepada murid baru. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Polsek jajaran Polresta Barelang memberi pembekalan kepada siswa-siswi Tahun Ajaran Baru 2022/2023 dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sejumlah sekolah.

Kapolsek Batam Kota Kompol Nidya Astuty menyampaikan penyuluhan dan pembekalan kepada peserta didik baru SMAN 20 Kelurahan Baloi Permai, terkait bahaya kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, minuman keras kepada siswa siswi pada Kamis (14/07/2022).

“Bahwa Narkoba dapat merusak generasi muda, Narkoba mempunyai sifat ketergantungan, halusinasi dan merusak organ tubuh. Bila sudah demikian maka pikirannya sudah tidak realistis, yang akhirnya dapat merusak masa depan diri sendiri,” ujar Kapolsek.

Kanit Binmas Iptu Slamet N juga menambahkan, penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja yang marak dilakukan oleh anak usia remaja, kebanyakan terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada para siswa untuk selalu meningkatkan disiplin, hindari diri dari bahaya merokok, minuman keras (miras) dan narkoba, tingkatkan prestasi serta patuh terhadap semua aturan yang berlaku,” ucapnya.

Di tempat perpisah, jajaran Polsek Lubuk Baja melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait penyalahgunaan narkoba serta pergaulan bebas di SMPS IT EL YASIN Kelurahan Tanjunguma, Jumat (15/7/2022).

Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja, AKP Samianto menjelaskan, saat ini banyak kasus kenakalan yang berujung pidana yang dilakukan oleh anak-anak usia remaja, mulai dari ringan hingga berat seperti perkelahian, pencurian, narkoba hingga pergaulan bebas.

“Hal ini disebabkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua, salah pergaulan, kurangnya didikan tentang agama hingga pengaruh dari lingkungan sehingga pencegahan harus dilakukan mulai sejak usia dini dengan terus melakukan sosialisasi dan memberiksn pemahaman tentang resiko dari kenakalan yang dilakukan dapat berujung pada Pidana,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan Kapolsek Batu Aji Kompol Daniel Ganjar Kristanto, ia memberikan pembekalan kepada siswa siswi baru di SMPN 26 Kelurahan Buliang pada Rabu (13/7/2022).

Kapolsek memberikan beberapa materi antara lain tentang Peraturan baris berbaris (PBB) tata tertib berlalulintas, himbauan kenakalan remaja, penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau bahaya Narkotika, tata cara bermedia sosial, hoaks, ujaran kebencian, bahaya radikalisme, miras, kejahatan jalanan dan nilai-nilai Pancasila.

“Hindari serta jauhi kenakalan remaja seperti miras, tawuran dan terutama penyalahgunaan Narkoba, karena selain merugikan diri sendiri, juga melanggar hukum sehingga bisa diproses secara hukum bagi pelakunya,” pesannya kepada para pelajar.(*/srd)