Penandatanganan batu prasasti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ir Arif Toha Tjahjagama DEA, Jumat (8/7/2022). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam resmi memiliki gedung baru. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ir Arif Toha Tjahjagama DEA, Jumat (8/7/2022).

Kepala KSOP Khusus Batam Capt Revolindo dalam sambutannya mengatakan, nilai kontrak pembangunan gedung KSOP Khusus Batam sekitar Rp 18,8 miliar dari APBN tahun anggaran 2021/2022.

“Saya sebagai Kepala Kantor KSOP Batam menyampaikan merasa mendapat penghargaan tersendiri atas upaya dan usaha dalam membangun gedung baru KSOP Batam,” ujar Revalindo.

Dikatakan Ravalindo, pengerjaan pembangunan gedung KSOP Khusus Batam tepat waktu, sesuai kontrak dimulai 27 September 2021, dan berakhir 27 Juni 2022.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Kemenhub) Ir. Arif Toha Tjahjagama DEA mengatakan, pembangunan gedung baru KSOP Khusus Batam dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk menjamin atau mewujudkan keselamatan, keamanan dan perlindungan maritim.

Batam sebagai bagian Kepulauan Riau yang perairannya luas dan berbatasan dengan jalur pelayaran internasional perlu kita perkuat dengan berbagai sarana dan prasarana, dan juga sistem sehingga kepastian atau kondisi keselamatan dan keamanan pelayaran bisa terwujud dengan baik.

“Juga bisa mewujudkan suatu ekosistem yang kondusif bagi pelayaran maupun dunia usaha maritim,” ujar Arif Toha.

Maka, dengan gedung baru KSOP Khusus Batam dengan fasilitas lengkap itu dapat meningkatkan kepercayaan internasional terhadap Batam, dan Kepri sehingga akan mampu meningkatkan perekonomian.

“Salah satu kantor baru yang kita buat dengan fasilitas sangat lengkap. Baik dari segi sarana, prasarana maupun sistemnya. Kita bersama-sama Kemenko Marves membangun Batam Logistic Ecosystem dan juga Inaportnet kita kolaborasikan, di sini salah satu tempatnya,” jelas Arif Toha.

Acara peresmian gedung baru KSOP Khusus Batam, juga dilakukan pemberian life jacket kepala pemilik kapal.

Ada Ruangan Media Center

Kembali kepada Revolindo, ia mengatakan, gedung baru KSOP Khusus Batam akan berfokus pada peningkatan pelayanan dibanding di kantor lama.

“Semua fasilitas kita usahakan termasuk untuk difabel,” jelas Revolindo usai acara peresmian gedung KSOP Khusus Batam.

Selain itu, akan disediakan ruangan media center.

“Kita baru tata untuk ruangan teman-teman pers. Kita kasih ruangan, WiFi, kopi tapi nggak dikasih rokok,” imbuhnya.

Gedung baru KSOP Khusus Batam ini, akan melayani berbagai kepentingan untuk kemaritiman.

“Di sini ada Inaportnet, VTS online terus untuk pelayanan buku pelaut online. Pelayanan lama kita tingkatkan, lebih profesional, terbuka, akuntabel dan lebih nyaman,” papar Revolindo.

Sebelumnya, KSOP Khusus Batam yang memiliki 140 personil berkantor di bangunan milik Badan Usaha Pelabuhan Batam.

Untuk gedung baru KSOP Khusus Batam sekarang terletak sekitar 500 meter dari Pelabuhan Domestik Sekupang, di tepi Jalan RE Martadinata, tepat di seberang Kantor PT Pelni Batam.

Gedung KSOP Khusus Batam dibangun dengan 3 lantai, dengan warna dominan biru dan putih.

Acara peresmian gedung baru KSOP Khusus Batam dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Kapolresta Barelang Kombes Nugroho Tri Nuryanto, Dandim 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Kepala Ombudsman Kepri Lagat Siadari, perwakilan Bakamla dan Sekretaris Daerah Kota Batam Jefirdin Hamid.(*/srd)