Maling motor MRA dan MTH yang jadi penadah diamankan di Polsek Sekupang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Maling motor berinisial MRA (16 tahun) dan seorang penadah berinisial MTH (26 tahun) dibekuk polisi. MRA merupakan maling kawakan, ia mencuri di 10 lokasi, yang selama ini masuk DPO.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Sekupang Kompol Yudha Surya Wardhana, menjelaskan kronologis kejadian, pada tanggal 13 Juni 2022 sekira pukul 04.00 WIB, usai korban melaksanakan salat subuh di Tiban 1, sesampai di rumah motor yang diparkir sudah hilang. Padahal korban juga akan pergi kerja.

Lalu korban melapor ke Polsek Sekupang. Saat penyelidikan di lapangan, Unit Reskrim Polsek Sekupang mendapat informasi bahwa pelaku MRA sedang berada di Tiban Centre. Dengan gerak cepat pelaku berhasil diamankan. Pelaku MRA merupakan DPO di kasus pencurian yang di tempat kejadian perkara (TKP) lain.

“Dari hasil pemeriksaan pelaku sudah melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor sebanyak 10 kali di TKP yang berbeda sekitar Tiban, Sekupang. Kemudian pelaku menjual sepeda motor tersebut ke penadah MTH,” ujar Kapolsek.

Dari keterangan pelaku tersebut, Unit Reskrim Polsek Sekupang melakukan pengembangan dengan cara berkomunikasi dengan pelaku penadah untuk bertransaksi di sekitar Masjid Agung Batu Aji. MTH pun berhasil diamankan.

Kapolsek juga mengatakan pelaku menjual unit sepeda motor curian itu kepada penadah di seputaran wilayah Batu Aji dengan harga bervariasi mulai seharga Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Dan kepada pertolongan jahat (Penadah) dijerat dengan pasal 480 ayat 1 Jo Pasal 65 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara.

Atas peristiwa itu, Kapolsek juga menghimbau kepada masyarakat Kota Batam, khususnya masyarakat Kecamatan Sekupang agar lebih dapat mengamankan aset atau kendaraannya dengan menggunakan kunci ganda.

“Pastikan selalu diparkir di tempat yang aman dan dalam keadaan terkunci,” imbau Kapolsek saat menggelar konferensi pers didampingi Kasi Humas AKP Tigor Sidabariba, Kanit Reskrim Polsek Sekupang Iptu Muhammad Ridho di Mapolsek Sekupang, Jumat (8/7/2022).(*/srd)