KM Kelud sandar di Pelabuhan Batu Ampar Batam hendak ke Belawan, Medan. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jumlah penumpang KM Kelud yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan berangkat dari Pelabuhan Batu Ampar Batam Tujuan Belawan, Medan terus mengalami peningkatan.

Lonjakan penumpang yang naik kapal milik PT Pelni itu sudah terjadi beberapa trip sebelumnya. Ini karena adanya momen liburan sekolah, dan menjelang lebaran Idul Adha.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam AKP Yusriadi Yusuf, Kamis (7/7/2022), mengatakan, jumlah penumpang naik menjadi 2.304 orang dengan tujuan Belawan, penumpang transit 381 orang dan penumpang turun dari Jakarta berjumlah 1.546 orang.

“Selain libur sekolah dan menjelang lebaran Idul Adha, tingginya harga tiket pesawat bagian dari pemicu lonjakan penumpang yang cukup drastis,” ujar Kapolsek.

Ia memperkirakan jumlah penumpang akan terus bertambah hingga mendekati Hari Raya Idul Adha mendatang.

Dalam hal ini, Polsek Kawasan Pelabuhan Batam dalam pengamanan pada Kamis, menurunkan 10 personil dan dibantu oleh TNI AL 2 personil, Ditpam 20 personil, Karantina Kesehatan 10 personil, KSOP Khusus Batam 10 personil serta Bea dan Cukai 8 personil.

Juga dijelaskan, selain melaksanakan pengamanan, personel Polsek Kawasan Pelabuhan Batam menyampaikan imbauan protokol kesehatan kepada penumpang kapal.

“Untuk selalu mematuhi prokes dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak,” paparnya.(*/srd)