Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto foto bersama Kapolsek Galang dan Kapolsek Sekupang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto kembali memberikan penghargaan kepada personil berprestasi dan polsek kinerja terbaik melalui upacara. Serta pemberian bendera hitam atau ban merah kepada polsek pembinaan di Lapangan Apel Mapolresta Barelang. Senin (13/6/2022).

Penilaian Kinerja polsek terbaik ini merupakan program Kapolresta Barelang yang dilakukan secara berkelanjutan, setiap akhir bulan dilakukan penilaian guna meningkatkan Pelayanan terbaik kepada masyarakat dan meningkatkan terciptanya Harkamtibmas yang Kondusif dan pencapaian vaksinasi di Kota Batam.

Terhadap Polsek terbaik menerima Bendera Kuning dan Kapolseknya memakai Ban Lengan Kuning dan sedangkan Polsek nilai terendah mendapat Bendera Warna Hitam dan Kapolseknya menggunakan Ban Lengan warna Merah atau sebagai Polsek Pembinaan.

Kegiatan yang menjadi penilaian Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto yakni Kegiatan Patroli dengan Bobot Nilai x 10%, Kegiatan Bhabinkamtibmas (Sambang, Tatap Muka, Penyuluhan dan Problem Solving) Bobot Nilai x 10%, Kegiatan di Aplikasi BOS V2 (Binmas Online system) Bobot Nilai x 10%, Kegiatan Viralisasi Humas dengan Bobot Nilai x 10%, Penyelesaian perkara Bobot Nilai x 20%, pencapaian Pelaksanaan Vaksinasi mempunyai Bobot yang paling tinggi dengan Nilai x 40 % serta apabila Polsek Jajaran mendapat Pengaduan masyarakat dalam bentuk Komplain Pelayanan Masyarakat (Dumas), ini akan mengurangi jumlah nilai menjadi Nilai ( – 2 ) Per dumas.

Berdasarkan hasil rapat penilaian yang diketuai oleh kabag SDM Kompol Amir Hamzah, sesuai perolehan nilai polsek masing masing yang terdiri dari rangking pertama adalah Polsek Galang dengan nilai akhir 15,62 rangking kedua Polsek Batu Aji dengan nilai 14,41, dan Rangking ketiga yakni Polsek Sei Beduk dengan Nilai 13,14, Peringkat Ke-4 Polsek Belakang Padang dengan Nilai 11,97, Peringkat Ke-5 Polsek Batam Kota dengan Nilai 11,88, Peringkat Ke-6 Polsek Bengkong dengan Nilai 11,52, Peringkat Ke-7 Polsek Nongsa dengan Nilai 11,47, Peringkat Ke-8 Polsek Sagulung dengan Nilai 11,27, Peringkat Ke-9 Polsek Lubuk Baja dengan Nilai 10,83, Peringkat Ke-10 Polsek Bulang dengan Nilai 10,80, Peringkat Ke-11 Polsek Batu Ampar dengan Nilai 9,60, Peringkat Ke-12 Polsek Sekupang dengan Nilai 8,77, dengan Hasil tersebut Polsek Sekupang menjadi Polsek pembinaan periode Mei 2022.

Kemudian dilaporkan kepada Kapolresta Barelang dan diputuskan yang menjadi Polsek Kinerja Terbaik Untuk Penilaian Bulan Mei 2022 di Berikan Piagam Penghargaan kepada Polsek Galang untuk kedua kalinya yang di terima oleh Kapolsek Galang AKP Sulam, SH, Kemudian untuk Polsek Pembinaan yang mendapatkan Nilai Terendah diberikan kepada Polsek Sekupang yang di terima oleh Kapolsek Sekupang Kompol Yudha Surya Wardhana.

Kapolresta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Polresta Barelang serta Polsek Jajaran yang telah memberikan dedikasi terbaik dalam melayani masyarakat.
“Saya tidak akan segan-segan memberikan reward apabila personil berprestasi, silahkan berkompetisi yang sehat untuk berikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sebaliknya apabila ada personil melakukan pelanggaran saya akan berikan punishment atau hukuman, untuk itu jaga marwah kesatuan.

“Penghargaan ini akan sangat berguna terutama tuk anggota dalam mengikuti pendidikan sekolah inspektur polisi nanti, dan juga dalam kenaikan pangkat rekan rekan, sekali lagi kita harus jaga marwah kesatuan kita ini dengan tidak melakukan pelanggaran maupun pidana,” ucapnya.

Kemudian untuk pemberian penghargaan kepada polsek kinerja terbaik yang di berikan kepada polsek yang dilaksanakan tiap bulan, agar polsek terus mawas diri jangan bosan untuk berbuat baik pada setiap orang, berikan pelayanan terbaik pada masyarakat, jangan buat malu kapolsek ayo tingkatkan semangat kerja.

“Melalui penilaian ini saya harap dapat menjadi motivasi dalam melayani masyarakat, karena dalam penilaian ini sejak Januari hingga Mei 2022 selama saya menjabat saya lihat yang mendapatkan juara satu itu bergantian, ini artinya semua polsek punya kemampuan untuk berkompetensi agar menjadi polsek yang terbaik,” paparnya.

Sekali lagi disampaikan, kepada kapolsek jajaran kedepan terus tingkatkan kinerjanya dan motivasi anggotanya, silahkan berlomba untuk menjadi yang terbaik.

“Sesuai dengan slogan kita “Bersama Kita Bisa”, semoga semua kegiatan yang kita lakukan dengan ikhlas dapat menjadi amal ibadah kita,” tutupnya.(*/srd)