Sidang panitia pertimbangan landreform (PPL) dan kegiatan redustribusi tanah Kota Batam Tahun 2022. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) dan kegiatan redustribusi tanah Kota Batam Tahun 2022 digelar di Lantai IV Ruang Hang Nadim Kantor Wali Kota Batam, Jumat (10/6/2022). Ratusan sertifikat dibagikan untuk warga hinterland Kota Batam.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Batam, Makmur Asigoro mengatakan, redistribusi adalah merupakan bagian dari pembagian tanah berupa sertifikat.

“Adapun penetapan lokasi kegiatan Redistribusi Tanah di Kota Batam Tahun 2022 berada di Pulau Akar, Pulan Panjang Barat dan Pulau Panjang Timur di Kelurahan Setokok dan di Pulau Karas Besar di Kelurahan Karas sebanyak 102 persil,” ujar Makmur.

Asisten I Pemko Batam, Yusfa Hendri membuka sidang PPL mengatakan, pembagian tanah merupakan komitmen pemerintah, baik pusat maupun di daerah.

“Tujuan utama pembagaian sertifikat adalah untuk memberikan hak kepada masyarakat sekaligus berfungsi untuk pemberdayaan masyarakat yang berfungsi sebagai salah satunya yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu akses permodalan,” kata Yusfa.

Yusfa juga berpesan kepada BPN Kota Batam untuk menyeleksi dengan betul-betul pemberian haknya yaitu sertifikat, dan di sini panitia yaitu BPN Kota Batam adalah awalnya selanjutnya Pemko Batam sebagai muaranya.

Acara tersebut, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil kegiatan redistribusi tanah Kota Batam yang disampaikan Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Kota Batam, Amdani.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan juga penandatanganan Berita Acara Panitia Pertimbangan Landefrom Kota Batam Tahun 2022. Kegiatan ini juga dihadiri Wakapolresta Barelang Junoto.(*/srd)