Kegembiraan saat grand opening Kopi Ameng, Senin (6/6). Foto: mc

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kini, untuk menikmati kopi Ameng Belakangpadang bisa juga di Batam. Tak perlu lagi pergi ke Belakangpadang, karena saat ini telah hadir di Komplek Ruko Summercoast Tiban V, Sekupang.

Kedai kopi yang telah berdiri sejak tahun 1980, melakukan grand opening di Batam pada Senin (6/6/2022). Hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar, Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Kadis Lingkungan Hidup serta Kadis Perkimtan.

Amsakar Ahmad menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran kedai kopi Ameng di Batam. Menurutnya, kehadiran Ameng Kopi setidaknya memberikan tiga hal penting bagi Batam.

Selain memberikan kontribusi dan dukungan terhadap pariwisata Batam, diharapkan dengan kehadiran Kopi Ameng juga dapat menjadi peluang kerja bagi masyarakat Batam. Dan bisa menjadi pemicu semakin menghidupkan geliat ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah Tiban.

“Selamat dan sukses atas grand opening Kopi Ameng, semoga kehadirannya dapat menjadi peluang kerja yang baik bagi masyarakat dan memberikan kontribusi terhadap pariwisata Kota Batam,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, kehadiran kedai kopi Ameng di Batam dapat menjadi daya tarik bagi pariwisata Batam khususnya wisata kuliner.

“Karena secara tidak langsung ada budaya dan kearifan lokal yang diangkat dalam menu makanan dan minuman yang dijual di Kopi Ameng ini,” jelasnya.

“Melalui kuliner kita dapat mengenalkan kebudayaan dan mempromosikan sebuah daerah. Misalnya, kalau disebut rendang kita pasti langsung teringat dengan Padang, pecal dengan Jawanya.

Batam sebelumnya juga telah memiliki beberapa restoran yang mengangkat kuliner khas Melayu, di antaranya Teh Tarik Belakangpadang Melawa, Teh Tarik Radja dan sebagainya.

Pemilik Kedai Kopi, Ameng mengatakan, selain menyajikan minuman kopi yang merupakan khas dari kedai kopi Ameng Belakangpadang, berbagai makanan dan minuman khas Melayu juga disajikan di kedai ini.

“Kita juga menyediakan teh tarik, mie laksa, mie lendir, nasi briyani, prata, nasi dagang dan makanan khas Melayu lainnya,” ujar Ameng.(*/srd)