Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Ananta Mahendra saat mengekspos kasus curanmor. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Empat maling yang beraksi di dua lokasi wilayah Kecamatan Sagulung juga berhasil dibekuk polisi. Keempat pelaku berinisial AS (19 tahun), R (19 tahun), AW (21 tahun) dan FGA (15 tahun).

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Ananta Mahendra mengatakan, peristiwa pencurian itu terjadi di 2 lokasi yakni, di Masjid Al-Mujahirin Kecamatan Sagulung dan di belakang Pertokoan Tripuri, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam.

Dikatakan Kapolsek, kejadian pertama pada Kamis (14/4/2022) sekitar pukul 21.00 WIB, pelapor shalat di Masjid Al Muhajirin dan memarkir motornya Yamaha tahun 2008 warna hitam. Selesai shalat, korban sudah tidak melihat motor di parkiran. Kemudian untuk korban yang melapor di Polsek Batu Aji.

Peristiwa kedua terjadi pada Rabu (27/4/2022) sekira pukul 05.10 WIB. Saat korban bangun tidur sudah tidak melihat motornya, Honda Beat warna hitam silver tahun 2015 yang diparkir dalam keadaan stang terkunci.

Kemudian pada Kamis (28/4/2022) sekira pukul 15.00 WIB, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, anggota Opsnal Polsek Sagulung bersama Kanit Reskrim Polsek Sagulung mengamankan 4 orang pelaku yang sedang berada di salah satu hotel di seputaran Batu Aji. Kemudian pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Sagulung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek mengatakan, pelaku AS merupakan otak dari pencurian kendaraan bermotor ini. Dan AS yang mengajak rekannya untuk melakukan pencurian di tempat yang belum ditentukan.

“Kemudian pelaku bersama rekannya mencari di seputaran Sagulung telah mendapatkan target yang mau dicuri oleh pelaku AS. Kemudian langsung melakukan pencurian dan pelaku R memantau situasi,” ujar Kapolsek.

Para pelaku melakukan pencurian dengan mematahkan stang motor menggunakan tangan, dan mendorong motor yang sudah berhasil dicuri.

“Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 Ayat (1) ke 4e KUHPidana ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun,” ungkapnya.(*/srd)