Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam kegiatan pelepasan JCH di Pinang. Foto: ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Indonesia mendapatkan kuota Haji sejumlah 100.051 jamaah pada tahun 2022. Sedangkan di Provinsi Kepri mendapat jatah jamaah calon haji (JCH) sebanyak 589 orang. Kuota Batam terbanyak.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan pada tahun 2022 ini Indonesia kembali mendapatkan kuota haji dari Arab Saudi, setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Pembagian keberangkatan calon haji ini didasarkan atas Keputusan Menteri Agama nomor 405 tahun 2002. Dan tahun ini Indonesia mendapatkan kuota Haji sejumlah 100.051  jamaah.

“Pemerintah Indonesia serta Pemprov Kepri akan mengikuti peraturan pemerintah Arab Saudi, termasuk terkait protokol kesehatan. Kami yakin semua itu diterapkan demi memberikan kenyamanan, termasuk bagi jemaah haji Indonesia,” ujar Ansar saat melepas ratusan jamaah calon haji BKMT Kota Tanjungpinang tahun 1443 Hijriah di Masjid Raya Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (26/5).

Gubernur Ansar menambahkan sedangkan jatah calon haji untuk Provinsi Kepulauan Riau tahun ini sebanyak 589 jamaah. dirincikan sebagai berikut Batam sejumlah 292  jamaah, Tanjungpinang sebanyak 98  jamaah, Karimun 76 jamaah, Natuna 49 jamaah, Lingga 19 jamaah, Bintan 34  jamaah, Anambas 18 jamaah, serta ditambah kuota pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, dan Petugas Haji Daerah sebanyak 3 jamaah.

“Dengan ini kita berharap ke depannya Indonesia bisa terus mendapatkan kuota untuk calon Jamaah haji dengan jumlah yang lebih besar lagi terutama untuk Provinsi Kepulauan Riau agar lebih banyak lagi Jemaah yang bisa diberangkatkan,” harapnya

Ansar berharap dengan meredanya Covid-19 dapat memberikan rasa aman serta nyaman bagi calon jamaah dalam melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya.

“Kami ucapkan Selamat Jalan kepada calon Jemaah haji dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Tanjungpinang, semoga menjadi haji yang Mabrur dan kembali selamat sampai ke tanah air,” imbuhnya.(*/red)