Selebrasi usai Marc Klok menciptakan gol penentu kemenangan Timnas U-23 Indonesia.

BATAMLAGI.COM – Pertandingan sepakbola SEA Games 2021 perebutan juara 3 (medali perunggu) dimenangkan oleh Tim nasional (Timnas) U-23. Dalam adu penalti melawan Timnas Malaysia, Timnas Indonesia unggul dengan skor 3-4.

Laga ini digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022) sore. Dalam laga ini, Timnas U-23 Indonesia tanpa diperkuat empat pemain lainnya, yakni; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Firza Andika yang harus absen karena mendapat kartu merah pada pertandingan semifinal melawan Thailand, dan Egy Maulana Vikri karena cedera.

Di babak pertama, Indonesia tampil menyerang. Dalam lima menit pertama saja, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong membuat tiga peluang melalui Ronaldo Kwateh, Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman yang merepotkan pertahanan Malaysia.

Setelah itu, Malaysia yang tertekan pelan-pelan menemukan ritme permainan. Kondisi tersebut membuat skuad “Harimau Malaya” menciptakan beberapa peluang yang tak berbuah skor. Kedudukan 0-0 pun berakhir hingga penutup babak pertama.

Babak kedua, Malaysia mengambil alih kendali dan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Namun, pemain bertahan Indonesia bisa mengantisipasinya dengan baik. Kiper Ernando Ari juga tampik bagus, beberapa kali ia bisa menepis bola dari tendangan pemain Malaysia.

Akhirnya, pada menit ke-68 lewat Ronaldo Kwateh yang mendapat umpan apik dari Marselino Ferdinan berhasil melesakkan si kulit bundar ke gawang Malaysia.

Bagai kena sengatan, Malaysia langsung melakukan penyerangan bertubi-tubi. Alhasil, pada menit ke-81 Malaysia berhasil menyamakan kedudukan. Bola yang ditendang Muhammad Hadi Fayyadh menyerempet tubuh Rizky Ridho, sehingga datangnya bola tidak dapat diantisipasi Ernando. Skor menjadi 1-1 hingga pertandingan babak kedua berakhir.

Tanpa melalui tambahan waktu, langsung dilanjutkan adu penalti. Dari Timnas U-23 Indonesia tampil sebagai eksekutor adalah; Asnawi, Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani dan Marc Klok. Namun Asnawi yang menjadi eksekutor pertama gagal menciptakan gol karena bola membentur mistar gawang.

Sedangkan Malaysia hanya mengantongi tiga gol dari lima kesempatan penalti dari kaki Muhammad Hairey Hakom, Harith Haiqal dan Muhammad Faiz. Sedangkan Muhammad Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim gagal menciptakan gol karena bolanya dapat ditepis Ernando Ari.

Sementara itu, di laga berikutnya, Vietnam berhasil meraih medali emas usai menundukkan tim Thailand dengan skor 1-0. Dengan hasil tersebut Thailand mengantongi medali perak.(*/red)