Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto saat melihat warga divaksin di Polresta Barelang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, menerima kunjungan Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto beserta rombongan dalam rangka “Pemantauan dan Monitoring Situasi Pelaksanaan Vaksinasi di wilayah Polda Kepri dan Jajaran termasuk Polresta Barelang” di Mapolresta Barelang, Jumat (20/5/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Karo Renmin Itwasum Polri Brigjen Pol M. Mustaqim, SIK, Kabag Anev Rorenmin Itwasum Polri Kombes Pol Adi Wibowo, Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasum Polri Kombes Pol M. Agung Suyono.

Kunjungan ini disambut oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudy Pranoto, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol M. Rudy Syafirudin, Karo Ops Polda Kepri Kombes Pol Sarif Rahman, PJU Polda Kepri, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, serta PJU Polresta Barelang.

Dalam kegian ini, Irwasum Polri mengecek pelaksanaan percepatan vaksinasi di wilayah Polda Kepri, salah satunya di Polresta Barelang terdapat Program Garansi “Pelanggaran di tukar Vaksinasi”, kemudian dilanjutkan Zoom Meeting yang terhubung dengan Polres Polres Jajaran Polda Kepri untuk meninjau pencapaian vaksinasi di wilayah.

Sebelum menyapa polres-polres, Kapolresta Barelang memaparkan pencapaian vaksinasi dan Upaya yang dilakukan pihaknya termasuk inovasi dalam pencapaian vaksinasi di Kota Batam.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, menjelaskan, situasi pencapaian vaksin Kota Batam dengan total sasaran: 907.317 dosis, dan yang sudah dicapai untuk dosis I sebanyak 947.249 dosis dengan pencapaian 104,40 persen, dan untuk Dosis II sebanyak 834.614 orang dengan pencapaian 91,90 persen.

“Kemudian di tahun 2021, vaksin yang sudah diterima dan digunakan sebanyak 218.137 dosis, dan di tahun 2022 ini jumlah telah digunakan tahun 2022 dengan rincian 1.488 Vial Sinovac, 4.418 Vial Astrazeneca, 958 Vial Moderna, 333 Vial Pfizer dan yang Dikembalikan yang sudah Expired sebanyak 676 Vial Astrazeneca,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta juga menjelaskan, dalam upaya percepatan pencapaian vaksinasi berbagai Upaya yang telah Polresta Barelang lakukan seperti Program Garansi, menggelar vaksinasi di tempat hiburan, di beberapa mall dan foodcourt.

“Di bulan puasa vaksinasi juga digelar di masjid-masjid serta juga di beberapa kawasan industri yang ada di Kota Batam. Yang kami gelar vaksinasi di berbagai PT atau perusahaan yang juga dilakukan peninjauan oleh Kapolda Kepri,” ucapnya.

Kemudian juga telah dilaksanakan Program Kapolda Kepri Nasi Kapau (Vaksinasi Jangkau Pulau), seperti Contoh Polsek Belakang Padang dan Polsek Bulang yang melakukan Program Nasi Kapau dengan cara Bhabinkamtibmas menjemput Peserta vaksin di pulau dengan bekerja sama dengan TNI dan Stakeholder yang ada walaupun menempuh perjalanan sulit dan cuaca Ekstrim tetap kita lakukan Vaksinasi di Pulau-Pulau. Semua Polsek Polsek Jajaran Polresta Barelang sampai saat ini tetap melaksanakan Program Vaksinasi, Ucap Kapolresta Barelang.

Lanjutnya, dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Polsek Jajaran, juga diberikan penilaian dan reward pada Polsek Jajaran termasuk pencapain Vaksinasi adalah bobot nilai tertinggi yaitu 40 persen, bagi polsek yang pencapaian yang paling tinggi diberi bendera kuning, dan Kapolseknya memakai ban lengan kuning sebagai Polsek Terbaik, dan bagi Polsek yang pencapaian vaksinasinya rendah diberikan bendera hitam dan Kapolseknya memakai ban lengan merah sebagai Polsek Pembinaan.

“Dan apabila tiga kali berturut-turut mendapat bendera hitam, maka Kapolseknya akan dievaluasi,” tegasnya.

Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Polda Kepri, dan Jajaran atas dedikasi dan loyalitas pencapaian vaksinasi dalam pencegahan Covid-19 termasuk Polresta Barelang.

“Oleh karena itu pencapaian tidak terlepas dari upaya pimpinan bagaimana menyikapi masyarakat yang berbeda- beda, untuk vaksin di pulau-pulau terdapat banyak resiko cuaca. Jadi saya sangat apresiasi atas kinerja Polda Kepri yang terus melakukan berbagai upaya untuk melaksanakan vaksinasi,” ucap Irwasum.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S menjelaskan, kunjungan kerja Irwasum Polri beserta rombongan turun ke Polda Kepri untuk melakukan pengawasan terhadap Operasi Aman Nusa 2 untuk mendukung pencapaian vaksinasi pemerintah dan disiplin protokol kesehatan masyarakat. Irwasum juga melakukan pengecekan langsung di Polresta Barelang, dan secara daring berdialog dengan Polres Lingga dan Anambas.

Hasil dari dialog tersebut Irwasum Polri terkesan dari upaya yang dilakukan oleh Polda Kepri dan jajaran, sebagai buktinya untuk dosis pertama vaksin sudah 97 persen. dosis II mencapai 83,87 persen. Dosis III booster sudah 42,53 persen.

Dalam pelaksanaan upaya-upaya yang telah dilakukan tentunya terdapat kendala pemberian dalam vaksin, seperti wilayah Kepri adalah wilayah kepulauan, tentunya beberapa terdapat dinamika kesulitan pemberian vaksinasi di pulau- pulau. Sebagian besar masyarakat Kepri berada di pulau yang cukup jauh, namun dengan melalui program Nasi Kapau menjangkau pulau dengan menggandeng seluruh stake holder kita gunakan kapal polair dan kapal kanwil ataupun dari kesehatan yang ada di Wilayah Kepri untuk sama sama turun memberikan vaksin di Pulau-pulau.

Kemudian untuk Program Garansi yang telah dilaksanakan oleh Polresta Barelang, apabila ditemukan masyarakat melakukan pelanggaran lalu lintas akan diganti vaksinasi kemudian dicek vaksinasinya dan diarahkan untuk melakukan vaksinasi.

“Jadi intinya sebagaimana domain Polri, kita berharap keselamatan masyarakat adalah yang utama,” tutup Kabid Humas Polda Kepri.(*/srd)