Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N foto bersama dengan jajaran Polsek Sei Beduk. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N beserta PJU Polresta Barelang melakukan kunjungan kerja ke Polsek Jajaran Polresta Barelang Zona 2 dalam rangka tatap muka dan pengecekan langsung pelayanan masyarakat, Kamis (19/5/2022).

Kunjungan kerja di hari kedua ini mendatangi Polsek Batam Kota, Polsek Sei Beduk, Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim dan Polsek Nongsa.

Dalam kegiatan ini, Kapolresta Barelang didampingi Kabag Ops Kompol Anjar Yogota Widodo, Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Abdul Rahman, Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol Ricky Firmansyah, Kepala SPKT AKP Sofyan, Kasi Propam Polresta Barelang AKP Endi Simanjuntak serta Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba.

Pada kesempatan tersebut Kapolresta mengucapkan terimakasih atas sambutan dan yel-yel yang sangat bersemangat, tujuan dari kunjungan adalah untuk bertatap muka serta bersilaturhmi dengn rekan-rekan sekaligus melakukan pengecekan mako polsek termasuk persiapan personil dalam pelaksanaan tugas melayani masyarakat.

Dikatakan Kapolresta, sebagai Polri harus berpedoman pada tribrata dan catur prasetya, serta Kapolri meminta untuk melakukan penguatan transformasi menuju Polri Presisi Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). Untuk mewujudkan itu saya membuat slogan, “Ayo Kita Jaga Kota Batam dengan Disiplin, Loyalitas, Berkemampuan dan Patuh Hukum”.

“Slogan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, maksud dari slogan ini yang pertama yaitu “Disiplin” saya harapkan rekan-rekan sekalian bisa mengatur waktu dari awal pelaksanaan tugas hingga sampai istirahat, tepat waktu dalam pelaksanaan apel dengan disiplin, dan melengkapi kelengkapan perorangan mulai dari pakaian sebagai wujud penghormatan kita terhadap institusi karena kita punya aturan sebagai anggota polri.

Kedua, “loyalitas”, personil wajib loyal kepada Negara dan Pimpinan sesuai dengan prinsip Satya Haprabu, setia kepada Negara dan Pimpinanya. Apa yang menjadi Arahan atau Perintah dari Pimpinan atau Komandannya itu harus di laksanakan selagi tidak bertentangan dengan Hukum.

Ketiga, “berkemampuan”, sebagai anggota Polri harus berkemampuan sesuai dengan fungsinya, harus menguasai tugas secara bertanggung jawab, dan pahami tugasnya dalam melayani masyarakat, harus sigap dan tanggap jikalau ada kendala segera laporkan ke pimpinan.

Dan yang terakhir adalah “patuh hukum”, harus menjadi contoh di masyarakat, tidak melanggar hukum sekecil apapun, termasuk kegiatan sehari-hari seperti berkendaraan harus sesuai dengan aturan hukum.

Kapolresta juga berpesan terhadap kelengkapan maupun Ranmor Polsek agar dirawat dengan baik, jika ada kerusakan segera di laporkan dan di perbaiki.

“Termasuk dalam penyerapan anggaran agar dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukannya, serta dalam pertanggung jawaban keuangannya harus jelas,” tegasnya.

Kemudian jalinlah kerjasama dan hubungan yang baik dengan instansi samping seperti Camat, Koramil, Dinkes dan lainnya.

“Jadi ketika ada konflik sosial, rekan kita pak camat dan lainnya bisa membantu, karena kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari rekan instansi samping, terutama bhabinkamtibmas,” ucap Kapolresta.

Dan yang terakhir, ia juga berpesan agar terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimalkan semua kegiatan polsek.

“Karena ini menyangkut harga diri kesatuan, kerja dengan ikhlas semoga apa yang kita lakukan kepada masyarakat menjadi amal ibadah untuk kita,” paparnya.

Selanjutnya Kapolresta mengecek kebersihan mako polsek serta pengecekan tahanan. Dan yang terakhir Kapolresta Barelang memberikan tali asih kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu di setiap polsek yang dikunjungi.(*/srd)