Halal bihalal dilanjutkan peresmian Kantor DPC INSA Kota Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Dewan Pengurus Cabang Indonesia National Shipowners Association (DPC INSA) Kota Batam menggelar halal bihalal, serta peresmian Kantor Sekretariat DPC INSA di Komplek Gedung Gapura, Jalan Kuda Laut Batu Ampar, Sabtu (14/5/2022).

Acara silaturahmi ini dilaksanakan antara pengurus dan seluruh anggota DPC INSA Kota Batam yang merupakan wadah para pengusaha pelayaran Nasional.

Hadir dalam acara tersebut sesepuh INSA Capt. Daniel Burhanudin, Bambang Sugiono, Dewan Penasehat DPC INSA Zulkipli Ali, Drs Suhendro Suryo Kusumo dan Suparno.

Ketua Panitia Jaqueline Feeyna Manik, SE, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik materi maupun non materi, sehingga acara halal bihalal pada tahun 1443 H/2022 bisa berjalan dengan lancar.

Selain momen silaturahmi, juga dilakukan peresmian Kantor Sekretariat DPC INSA Kota Batam.

Dewan Penasehat Zulkifli Ali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Ketua INSA Kota Batam, Saptana Tri Prasetiawan yang telah menyiapkan kantor sekretariat DPC INSA Kota Batam yang berlokasi di Komplek Gedung Gapura.

“Jadi harapan saya kantor DPC INSA Kota Batam ini tidak lagi seperti siput, siapa ketua dia bawa, siapa ketua dia bawa,” ungkapnya.

Kemudian setelah halal bihalal dilanjutkan peresmian Kantor DPC INSA Kota Batam, ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng.

Nantinya, Sekretariat tersebut akan digunakan sebagai titik kumpul atau rumah bagi seluruh anggota untuk membahas keperluan INSA Batam ke depan.

Ketua DPC INSA Kota Batam, Saptana Tri Prasetiawan menuturkan, hari ini pihaknya menggelar kegiatan halal bihalal sekaligus meresmikan Sekretariat baru. Nantinya Kantor ini bisa digunakan oleh seluruh anggota jika ingin mengkonsultasikan masalahnya. Selain itu, sekretariat juga bisa digunakan sebagai sarana meeting dan lainnya untuk pengurus INSA Batam.

“Hari ini kita menggelar halal bihalal bersama seluruh anggota INSA Batam. Selain itu, kita juga meresmikan Kantor Sekretariat baru. Nantinya, tempat ini bisa dijadikan wadah bagi seluruh anggota yang ingin berkomunikasi dan konsultasi soal permasalahannya,” ungkapnya.

Lanjut Saptana, pihaknya sengaja memilih lokasi di wilayah Batu Ampar karena daerahnya lebih strategis dan dekat dengan instansi lainnya.

“Ke depan kita akan membuka cafe kecil di dekat sekretariat untuk tempat ngopi dan ngobrol santai para anggota INSA jika berada di dekat Sekretariat,” jelasnya.

Saptana juga berharap, ke depan INSA Batam dapat mendukung pemerintah untuk memjukan sektor maritim di Kota Batam. Tentunya dengan beberapa program kerja yang telah disusun.

“Saat ini kami sedang membenahi dan memenuhi kebutuhan internal terlebih dahulu. Setelah itu, kita akan berupaya untuk kembali membangkitkan sektor Maritim Kota Batam. Sejak awal tahun 2022 sektor maritim Batam sudah mulai perlahan bangkit. Semoga ke depan dapat lebih maju lagi,” tutupnya.

Sekretariat tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti, meeting room, musala, ruangan konsultasi dan area parkir yang luas.

Saptana optimis bisnis niaga maritim akan bangkit kembali, seiring datangnya masa endemi Covid -19, dan melonggarnya penerapan vaksin dengan mulai menggeliat kapal datang ke pelabuhan.

“Batam alhamdulillah sejak awal tahun 2022 aktifitas kapal niaga mulai menggeliat berlabuh dan sandar di Pelabuhan Batam,” pungkasnya.(*/srd)