Ekspos kasus perampokan di Indomaret Baloi Persero Kota Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Empat perampok di Indomaret 24 Jam Baloi Persero dibekuk polisi usai beberapa jam beraksi. Para pelaku berinisial ST, FS, ISS dan JL.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N mengatakan, perampokan itu terjadi di Indomaret 24 Jam Baloi Persero seberang BCS Mall Kota Batam pada Minggu (8/5/2022) sekira pukul 03.40 WIB.

“Kurang dari 1 x 24 Opsnal Polresta Barelang dan Opsnal Polsek Lubuk Baja berhasil mengamankan pelaku di Foodcourt Pacific, Jodoh, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam,” ujarnya.

Modusnya, saat beraksi para pelaku masuk ke Toko Indomaret dengan menodongkan senjata tajam ke arah 2 orang karyawan Indomaret.

“Kemudian mengikat karyawan dan menyekapnya di lantai 2, pelaku sudah mengintai kapan sepinya baru mereka melakukan aksinya,” ungkap Kapolresta.

Dikatakannya, peristiwa itu terjadi pada Minggu (8/5/2022) sekira pukul 04.30 WIB, pelapor Rahmansyah sebagai supervisor di Indomart Baloi Persero mendapat laporan dari karyawannya, R dan F bahwa telah dirampok saat sedang bekerja.

“Pada waktu kejadian tersebut datang para pelaku sebanyak empat orang masuk ke dalam toko. Kemudian kedua karyawan R dan F disekap oleh diduga pelaku dengan menggunakan sajam (Pedang Samurai),” ujarnya.

Setelah itu para pelaku mengambil uang di kasir dan berangkas di lantai 2 sebesar Rp. 25.159.900 dan mengambil rokok sebanyak 20 slop senilai Rp.5.979.400. Setelah itu para pelaku pergi menggunakan mobil Avanza warna putih.

“Akibat dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian materi sebesar Rp.31.139.200,” ungkapnya.

Kasus tersebut langsung dilaporkan ke Polsek Lubuk Baja guna proses penyelidikan dan penyidikan yang saat ini telah ditangani oleh Satreskrim Polresta Barelang.

Menerima laporan korban, Opsnal Jantanras Satreskrim Polresta Barelang dan Opsnal Polsek Lubuk Baja yang dipimpin Kasat Reskrim melakukan penyelidikan lapangan.

Pada Minggu sekira pukul 22.30 WIB, Tim Opsnal mendapatkan informasi bahwa pelaku berada di sekitaran Foodcourt Pacific.

“Sekira pukul 01.00 WIB, kurang dari 1 x 24 Jam Opsnal Polresta Barelang dan Opsnal Polsek Lubuk Baja berhasil melakukan pengejaran terhadap 4 pelaku dan berhasil diamankan,” paparnya.

Kapolresta mengatakan pelaku ST (sebagai otak dari perampokan). ST merupakan residivis yang juga pernah merampok di beberapa TKP yakni Sekupang, Alfamart Taman Kota Mas dan Ruko Mall Botania 2.

“Peran dari pelaku ST sebagai otak tindak pidana pencurian, FS sebagai berpura-pura menjadi pembeli, IS berperan mengawasi situasi di luar Indomaret, dan JL berperan menyekap karyawan di lantai 2,” jelasnya.

Para pelaku dijerat Pasal 365 ayat (2) ke-1 dan ke-2 KUHPidana. Dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara. Pelaku juga dihadiahi timah panas di kakinya.

Kapolresta mengimbau masyarakat pemilik usaha terutama Indomaret lebih hati-hati saat menjalankan usahanya, segera cek CCTv, apabila rusak segera diperbaiki.

“Karena CCTv sangat penting, seandainya ada kejahatan seperti ini bisa kita antisipasi jejak dari pada pelaku. Bisa kita identifikasi sebagai petunjuk untuk melakukan pengungkapan kasus pencurian dengan kekerasan seperti ini,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada para pelaku kejahatan yang ada punya niat kejahatan yang akan melakukan kejahatan.

“Semuanya akan saya kejar dan saya tangkap, bahkan kalau perlu saya tembak di tempat, ini adalah komitmen kita. Semua kejahatan pasti akan terungkap. Mari masyarakat Kota Batam kita bersama-sama menjaga Kota Batam lebih aman dan kondusif,” ujarnya.(*/srd)