BATAMLAGI.COM – Laga perdana di Grup A sepak bola putra SEA Games 2021, Tim nasional (Timnas) U-23 Indonesia dilakahkan Vietnam skor 0-3 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022) malam.

Awal babak pertama dimulai, Timnas Indonesia bermain menyerang. Solidnya pertahanan, membuat Timnas Vietnam sempat kesulitan memasuki kotak 12. Namun, hal ini bisa bertahan hanya sekitar 10 menit. Setelah itu, Vietnam bisa menguasai lapangan.

Menit ke-20 Vietnam mengancam melalui pergerakan Ly Chong Hoang Anh dari sisi kanan Indonesia yang dikawal bek Ilham Rio Fahmi. Ly Chong Hoang melewati Rio, tetapi umpannya persis ke depan gawang mampu dihalau Fachruddin Aryanto.

Pada menit ke-27 tendangan Nguyen Tien Linh nyaris mengelabui kiper Muhammad Adi Satryo. Si kulit budar berhasil diamankan. Hingga turun minum babak kedua, skor masih 0-0.

Di babak pertama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan bek Fachruddin Aryanto, Ilham Rio Fahmi yang merupakan bek klub Persija Rizky Ridho.

Gelandang Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya.

Di lini depan ada Egy Maulana, Saddil Ramdani dan Irfan Jauhari.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong mengganti sejumlah pemain. Syahrian Abimanyu menggantikan Rachmat Irianto. Setelah pergantian pemain itu, Vietnam berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan penyerang senior Nguyen Tien Linh pada menit ke-54 di depan gawang Muhammad Adi Satryo. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Melihat anak-anak asuhnya ketinggalan 1 gol, Shin mengganti para pemain. Masuk pemain muda Madura United Ronaldo Kwateh, Alfeandra Dewangga dan Witan Sulaeman.

Dengan masukkan banyak pemain pengganti, Indonesia kembali tertinggal. Kapten Vietnam Do Hung Dung (74’) berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Tien Linh. Skor pun menjadi 2-0.

Di menit ke-87, Indonesia kembali kebobolan. Sepakan Van Do dari luar kotak penalti membobol gawang kiper Adi Satryo, setelah Fachruddin Aryanto salah mengantisipasi bola. Skor pun menjadi 3-0 untuk tuan rumah.

Dengan hasil ini, untuk sementara Timnas Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A. Vietnam berada di posisi kedua karena kalah selisih gol dari Filipina yang menjalani laga pada hari yang sama, berhasil membekuk Timor Leste 4-0.

Di hari berikutnya untuk Grup A, Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Selasa (10/5) pukul 19.00 WIB.

Laga ini bisa dibilang terlalu dini. Debut dua tim terkuat di SEA Games 2021 ini bak merupakan ulangan final SEA Games 2019 Manila. Saat itu Vietnam menang 3-0 atas Timnas Indonesia U-23. Kini, kekalahan itu terulang lagi.(red)