Peninjauan Pos Terpadu Operasi Ketupat Seligi 2022, Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Arus mudik keberangkatan maupun kedatangan di Kota Batam terjadi peningkatan, Jumat (29/4/2022). Hal ini sesuai dengan pantauan di sejumlah pelabuhan domestik di Batam.

Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman bersama Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad meninjau 3 Pos Terpadu Operasi Ketupat Seligi 2022, dan memantau langsung arus mudik di wilayah Kota Batam, Jumat. Juga bersama Ketua DPRD Provinsi Kepri, Danrem 033/WP, Pejabat Utama Polda Kepri serta Forkopimda Kota Batam.

Kunjungan pertama rombongan menuju Pos Pelayanan di Bandara Hang Nadim, selanjutnya menuju Pos Pelayanan di Batam Center dan Pelabuhan Domestik Punggur.

Saat kegiatan tersebut, Gubernur dan Kapolda memberikan motivasi dan semangat kerja kepada personil yang bertugas. Juga diberikan juga tali asih kepada setiap pos yang dikunjungi.

Dalam kesempatan tersebut Ansar Ahmad mengatakan, dari tinjauan yang dilakukan itu, terjadi peningkatan arus mudik baik keberangkatan maupun kedatangan, yang biasanya rata-rata hanya 10.000, pada hari ini meningkat hingga mencapai 13.000.

“Lonjakan yang terjadi pada hari ini masih bisa diatasi dan diantisipasi, seperti yang kita lihat tadi masih berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dijelaskan, saat ini semua arus mudik via Pelabuhan Punggur masih lancar. Dan hal yang perlu diantisipasi adalah kapal Roro yang di sebelah pelabuhan domestik ini, biasanya membludak, dan saya juga memerintahkan dinas perhubungan untuk terus melakukan pengontrolan dan antisipasi di sana, sehingga perjalanan Roro berjalan baik dan lancar,” papar Ansar Ahmad.

Kapolda pada kesempatan tersebut menghimbau agar masyarakat yang melakskan mudik benar-benar direncanakan dengan baik, melengkapi dosis vaksin sampai dengann Vaksin booster, tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Dan pastikan rumah yang akan ditinggalkan dalam keadaan aman dan dilaporkankan RT, dan pengamanan lingkungan setempat. Apabila membutuhkan bantuan silahkan hubungi pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang telah disiapkan oleh Polda Kepri bersama stakeholder terkait,” ujarnya.(*/srd)