Maling dan penadah motor curian di Polresta Barelang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Selain membekuk maling motor berinisial DK (21 Tahun) dan AIS (21 Tahun) yang beraksi di 6 tempat, jajaran Reskrim Polresta Barelang juga membekuk penadah motor curian.

Kini, penadah motor curian berinisial IBP (30 Tahun) itu juga mendekam di balik jeruji tahanan Mapolresta Barelang.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, Senjn (25/4/2022) mengatakan, dalam kasus ini pelaku AIS berperan sebagai eksekutor atau yang mengambil motor (pemetik). Caranya mengambil motor tersebut, kata Kapolresta, pelaku mematahkan kunci stangnya terlebih dahulu.

“Terlebih dahulu pelaku menendang stang motor ke arah kanan, dan setelah stang terbuka maka pelaku mendorong dan membawa kabur dengan DK teman pelaku ke arah Nongsa, tempat kos pelaku,” ujar Kapolresta.

Setelah berhasil membawa motor itu, pelaku DK berperan sebagai joki sembari mengendarai motornya, lalu kakinya digunakan untuk mendorong motor curian yang dibawa pelaku AIS.

“Kemudian para pelaku menjual Motor tersebut kepada IBP yang sebelumnya pelaku tidak kenal dan hanya pernah ketemu di Batu Besar saja dengan harga Rp 1.500.000. IBP juga mengetahui bahwa motor tersebut tidak memiliki surat yang lengkap,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolresta menghimbau kepada masyarakat Kota Batam, jikalau ada kehilangan motor silahkan datang ke Polresta Barelang untuk mengecek.

“Silahkan datang ke Polresta Barelang, mungkin ada di antara barang bukti yang kami amankan,” paparnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun.

Diberitakan sebelumnya, dua maling motor itu mencuri di 6 tempat, yakni; Di Simpang Kara sebanyak 2 kali, polisi berhasil mengamankan barang buktiĀ  1 motor Beat; di wilayah Nongsa sebanyak 1 kali dengan barang bukti motor Mio GT; di kosan Mega Legenda 1 motor Beat Street; di Tanjung Uma 1 motor Beat Pop; di kosan depan Hotel Utama 1 motor Beat.

Pelaku juga beraksi di rumah korban berinisial YHH di Mega Legenda Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam. Motor yang dikunci stang itu diembat pelaku pada Senin (11/4/2022) pukul 03.30 WIB.(*/srd)