Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi 2022 di Lapangan Upacara Polda Kepri, Jumat (22/4/2022). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi 2022 dilaksanakan di Lapangan Upacara Polda Kepri, Jumat (22/4/2022). Sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina, dan dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danrem 033/Wira Pratama, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Kepala BNNP Kepri, Wakapolda Kepri, pejabat utama Polda Kepri dan TNI serta Forkopimda Kepri,

Pada kesempatan tersebut membacakan amanat Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Inspektur Upacara Wakil Gubernur Provinsi Kepri Hj. Marlin Agustina menyampaikan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022, Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022″.

Pemerintah telah menetapkan libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat-2022 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022 dengan Fokus Pengamanan adalah 101.700 Obyek di seluruh Indonesia, seperti di masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

“Beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi ″Ketupat-2022″, yaitu jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi,” ujar Kapolri dalam amanatnya.

Lanjutnya, juga niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berikutnya lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif, laksanakan pengamanan secara Profesional dan Humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun, rekan-rekan semua adalah wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat.

“Selanjutnya lakukan gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat. Juga lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022, dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata dan lain-lain untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut.

“Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi peduli lindungi,” paparnya.

Berikutnya, satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga dan mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat, Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan Operasi.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S, kepada awak media mengatakan, untuk di Provinsi Kepri Operasi Ketupat Seligi 2022 mengerahkan sebanyak 1.497 personel, yang terdiri dari 490 Personel Polda Kepri, 280 Personel Polres/Ta Jajaran, dan dari TNI serta stakeholder. Kemudian di dalam operasi kali ini disiapkan 48 Pos yang terdiri dari Pos Pengamanan, Pelayanan dan Pos Terpadu″.

″Sebagaimana arahan dari Bapak Kapolri, kita mengharapkan mudik pada tahun ini adalah mudik yang sehat, dan tetap menjaga serta mematuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu Polda Kepri dan jajaran di setiap Pos telah menyiapkan tempat untuk vaksinasi dengan harapan masyarakat yang melaksanakan mudik sudah mendapatkan vaksin booster,” ucapnya.

Lanjutnya, karena wilayah Provinsi Kepri yang merupakan kepulauan, maka pihaknya juga menggandeng BMKG untuk mendapatkan update informasi cuaca dan gelombang dilaut yang berguna bagi kapal-kapal penumpang.

“Fokus kita dalam arus mudik ini adalah transportasi laut namun juga pengamanan di tempat-tempat ibadah, tempat keramaian dan wisata tetap dilakukan pengamanan termasuk rumah-rumah yang ditinggalkan mudik oleh masyarakat,” tutup Harry.(*/srd)