Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional secara virtual dalam rangka persiapan pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kopolresta Barelang Nugroho Tri N bersama Forkopimda Kota Batam melaksanakan Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional secara virtual dalam rangka persiapan pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah di Ruang Rapat Lantai III Mapolresta Barelang, Kamis (14/4/2022).

Video Conference (Vicon) Rakor lintas sektor Bidang Oprasional tahun 2022 dipimpin Kapolri dan dihadiri Mendagri, Menhub, MenPUPR, Menag, Menkes, Mendag, Panglima TNI. Tujuannya untuk meningkatkan sinergitas TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat.

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan, Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Kadis Perindag, para Pju dan Kapolsek, Kepala Dinas, Kementrian dan lembaga terkait, BMKG, Basarnas dan Pertamina.

Dalam paparannya, Kapolri menekankan tentang pengamanan dan pengawalan mudik 2022 dapat dilakukan secara maksimal, sehingga masyarakat bisa mudik tetapi laju kasus Covid-19 bisa terkendali.

“Hal ini berkaca pada pengalaman dua tahun lalu, di saat mudik dibatasi, namun angka kasus Covid-19 meningkat saat gelombang varian Delta dan Omicron melanda Indonesia,” ujarnya.

Kapolri berharap, hal ini tidak terulang kembali sehingga, pelaksanaan vaksin penguat dengan target 50 persen menjelang Idul Fitri bisa direalisasikan, serta pendisiplinan protokol kesehatan, dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang dioptimalkan.

Menindaklanjuti arahan Kapolri beserta para Menteri, Kapolresta memerintahkan untuk pengerahan personel, pendirian pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.
“Untuk mengantisipasi kemacetan, agar melakukan pemetaan di wilayah-wilayah rawan macet,” tegasnya.

Kemudian segera adakan rapat lintas sektoral, membahas memploting personil, pembentukan posko terpadu menjelang mudik lebaran di bandara dan pelabuhan.

“Diharapkan terjadi sinergi yang baik dengan lintas sektoral, dan terlaksana pelayanan, pengaturan pengamanan arus mudik dengan baik, aman dan lancar di Kota Batam,” tutup Kapolresta.(*/srd)