Nzl (dalam kurung) menenteng parang di dalam Masjid Al-Mu’minin Tanjunguma. Foto tangkapan layar

BATAM, (BATAMLAGI.COM) – Seorang pria mengenakan sebo menenteng parang masuk ke dalam masjid. Pria berinisial Nzl (48) itu ternyata tak terima saat remaja masjid membangunkan untuk sahur melalui pengeras suara (toa).

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (10/4/2022) subuh di Masjid Al-Mu’minin RT2/RW2 Tanjunguma, Kecamatan Lubukbaja. Dalam rekaman video warga, pelaku terlihat mengenakan sebo hitam pakai baju dan celana pendek memakai topi masuk ke dalam masjid. Tangan kanannya menenteng parang.

Beberapa takmir sempat menghadangnya. Percekcokan mulut terjadi. Pelaku terlihat sempat mengayunkan ke arah seseorang. Seorang pria berusaha merebut parang di tangan pelaku. Perebutan parang tak mudah. Karena pelaku melakukan perlawanan.

Seorang warga setempat mengatakan, atas kejadian itu pelaku sempat dibawa ke Polsek Lubukbaja.

“Pelaku sempat dibawa ke kantor polisi. Tapi sudah keluar lagi, karena keluarganya datang dan menjaminnya, ” ujar seorang warga kepada wartawan ini.

Dikatakan wanita yang enggan namanya ditulis ini, Nzl merupakan penduduk tempatan di wilayah itu. Namun kerap membuat resah warga.

“Bukan kali ini saja, dia membuat masalah di kampung ini. Kemarin soal lapak jualan juga ribut dia. Pokoknya, kalau ada masalah satu, jadi dua sama dia,” ucapnya.

Warga pun kerap risih dengan kelakuan pelaku yang sok jagoan. Ia pun sangat menyesalkan peristiwa itu, apalagi yang bersangkutan sudah memiliki keluarga besar di Tanjunguma.

“Memang cukup memalukan atas peristiwa ini, ” imbuhnya.

Kapolsek Lubukbaja Kompol Budi Hartono kepada wartawan, Minggu (10/4/2022), mengatakan, pelaku merupakan warga sekitar masjid yang istirahatnya merasa terganggu, saat remaja masjid membangunkan untuk sahur.

“Kemarin subuh langsung diselesaikan secara kekeluargaan di Polsek Lubukbajar,” ujar Budi.(red)