Yevhen Bokhasvili (31’), pemain Persipura saat melakukan selebrasi. Foto tangkapan layar

BATAMLAGI.COM – Kemenangan Persipura Jayapura atas Persita dengan skor 3 – 0 pada Kamis (31/3) malam, tidak banyak menolong pasukan Mutiara Hitam (julukan Persipura) untuk keluar dari zona degradasi Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Dalam musim ini, selain Persipura, juga ada Persela Lamongan Persiraja Banda Aceh yang turun kasta ke liga 2. Di laga terakhir selama main 34 kali, Persipura mengantongi 36 poin, Persela 21 poin dan Persiraja (Laskar Rencong) 13 poin.

Kepastian Persipura turun kasta, setelah melalui partai hidup mati melawan Persita Tangerang. Persipura berhasil mengalahkan Persita 3 – 0 tanpa balas.

Mereka unggul lewat gol Yohanes Pahabol (20’), Yevhen Bokhasvili (31’), dan Ramiro Fergonzi (80’). Namun, dewi fortuna tampak tidak berpihak kepada Persipura.

Sebab, di laga lain, yang juga pertandingan penentu, Barito Putera berhasil menahan imbang Persib Bandung dengan skor 1-1. Sebelumnya, Laskar Antasari (julukan Barito Putera) sempat tertinggal dari Maung Bandung (julukan Persib Bandung).

Hasil imbang 1-1 itu cukup mengamankan posisi Barito Putera di Liga 1 musim depan. Sebab, tim besutan Rahmad Darmawan itu unggul head-to-head atas Persipura di klasemen Liga 1 2021-2022, meski memiliki poin sama dengan Persipura.

Di pertandingan lain, PSS Sleman yang sebelumnya terancam degradasi sudah bisa “tidur nyenyak”. Pasalnya Super Elang Jawa (julukan PSS Sleman) sukses menghajar Persija Jakarta 2 gol tanpa balas.

Sementara itu, tim liga 2 yang promosi liga 1 musim depan adalah; Persis Solo yang keluar sebagai juara di Liga 2 2021. Lalu, ada RANS Cilegon dan Dewa United.

Untuk juara Liga 1 2021-2022 adalah Bali United. Sedadu Tridatu memastikan menjadi juara setelah Persib Bandung hanya bermain imbang melawan Persik Kediri. Jumlah poin Persib sudah tidak bisa mengejar Bali United di puncak klasemen.

Namun, Bali United, Persib Bandung dan Bhayangkara FC di posisi ketiga sukses mengamankan tiket untuk tampil di kompetisi Asia musim depan.

Direncanakan, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Liga 1 2022-2023 pada Juli 2022.(red)