Penyerahan pataka kepada Ketua DPC INSA Kota Batam, Saptana Tri Prasetiawan periode 2022-2026. Foto: BatamLagi.com/srd

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Dewan Pengurus Cabang Indonesia National Shipowner’s Association (DPC INSA) Kota Batam, secara resmi dilantik oleh Ketua Umum (Ketum) DPP INSA yang diwakili oleh Direktur Eksekutif DPP INSA Laksamana Muda (purn) E.Estu Prabowo M.SC, untuk periode 2022-2026, di Pacific Hotel, Batam, Sabtu (18/3/2022) malam.

Hadir dalam pelantikan tersebut DPP INSA diwakili oleh Laksamana Muda (Purn) E.Estu Prabowo M.SC, Kepala BP Batam yang diwakili oleh Direktur BUP Dendi Gustinandar, Danlanal Batam diwakili oleh Letkol Laut Ferry Anton, Kepala Imigrasi Batam diwakili oleh Muchsin SH.MH, Kadishub Provinsi Kepri Junaidi SE, MSI, Kepala Bea Cukai Batam Ambang Priyogo.

E.Estu Prabowo dalam sambutannya mengatakan, diharapkan kepengurusan DPC INSA Batam yang baru bisa dioptimalkan untuk mendorong industri pelayaran di Batam, pelaku usaha bisa membuka peluang dengan cermat.

“INSA supaya bisa menjadi rumah bagi anggotanya, merangkul semua stakholder yang ada di Batam, lebih berperan aktif dalam berorganisasi mengikuti dinamika dan perkembangan, untuk kemajuan organisasi dan industri pelayaran di Batam, bisa meneruskan yang sudah baik selama ini,” ujar E.Estu Prabowo.

Dendi Gustinandar dalam sambutannya mengatakan, tahun 2022 Batam mempunyai pertumbuhan ekonomi 4,75 persen tertingi di Kepri dan lebih tinggi dari Nadional, 2 persen merupakan surplus ekspor perdagangan.

Lanjutnya, bicara ekspor merupakan dunia yang dekat pelabuhan, dunia industri, pelayaran dan logistik. Batam yang terletak di jalur pelayaran dunia ini merupakan kesempatan bersama di tengah variabel yang positif dengan kebersamaan, sehingga bersama juga bisa bersaing dengan Singapura dan Malaysia.

“Dengan membangun lagi puing – puing penah runtuh, kita bangun lagi pondasi yang kuat Batam layak bersaing dengan Singapura, sektor pelayaran di Batam harus kembali bangkit, kita harus bersama-sama menggosok permata yang sudah ada, biar kelihatan,” ucap Dendi.

Ketua DPC INSA Kota Batam, Saptana Tri Prasetiawan mengatakan, acara ini merupakan rangkaian pelantikan pengurus Indonesia National Shipowner’s Association. Terlaksananya rangakaian ini sampai selesai, adanya pengurus dan anggota bahu membahu untuk mempersiapkan acara hingga sukses.

“Alhamdulillah berkat kebersamaan yang sangat kompak, mulai dari awal persiapan sebelum pelantikan dimulai, rekan-rekan pengurus antusias sampai acara ini selesai,” ucap Saptana.

Berkat dorongan dan motivasi para pengurus sangat penting demi berjalannya sebuah organisasi yang lebih baik untuk ke depan.

“Jumlah anggota perusahaan yang tergabung di INSA Batam saat ini, mencapai 113,” jelas Saptana.

Lebih lanjut Saptana mengatakan, tanpa dukungan para pengurus, dirinya tidak akan bisa menjalankan amanah ini dengan baik sendiri.

“Untuk itu mari saling koreksi bersama, berikan masukan untuk membangun,” pesannya.

Ia menjelaskan, banyak tantangan yang dihadapi ke depan. Maka dari itu dirinya berkomitmen menggandeng seluruh stakeholder yang ada, agar INSA semakin baik, bahkan siap melanjutkan program dari pengurus lama.

“Program ketua INSA lama pak Osman Hasyim soal keamanan laut menjadi fokusnya. Sehingga dalam mengoptimalkan potensi pelayaran dan maritim yang ada di Kota Batam tercapai dengan baik,” paparnya.

Sedangkan untuk target kemajuan industri Pelayaran dan Maritim, tentunya pihaknya akan mensinkronisasikan instansi yang ada, antara pemerintah pusat dengan Batam.

“Sekali lagi saya berharap agar industri maritim dan pelayaran ke depan terus semakin hari terus membaik di bawah pengurus yang baru saja dilantik,” paparnya.

Ketua Panitia INSA Batam, Ahmad Saibani mengucapkan terima kasih atas tamu undangan yang telah hadir dalam pelantikan pengurus DPC INSA Batam periode 2022-2026.

Pihaknya hari ini melaksanaan pelantikan ini selain secara langsung, juga dilakukan sistem online karena ini disaksikan oleh DPP pusat hingga DPC seluruh Indonesia.

“Kita semua bukan hanya dunia pelayaran dan Maritim saja akan tetapi betapa terpukulnya semua terdampak akibat dari pandemi. Untuk itu dengan pengurus baru ini diharapkan ke depannya mampu atau bisa berpartisipasi untuk memajukan ekonomi di Batam, khususnya dunia pelayaran agar tetap bangkit,” jelas Ahmad Saibani.(srd/mrd)