Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N saat berdialog dengan warga di Gerai vaksin di Foodcourt di Kota Batam, Jumat (18/3/2022). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Berbagai upaya Polresta Barelang dan Kodim 0316 Batam untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat Kota Batam, seperti Program Garansi (melanggar tukar vaksinasi) yang digelar di Gerai vaksin di Foodcourt yang ada di Batam pada Jumat (18/3/2022) sekira pukul 19.00 WIB.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Ricky Firmansyah mengatakan, pelaksanaan program Garansi dilaksanakan di Lobby Mapolresta Barelang dengan melaksanakan razia pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, dan SIM serta, protokol kesehatan pada pengguna jalan.

“Dengan program ini para pelanggar lalulintas tidak ditilang melainkan diarahkan untuk melaksanakan vaksin yang telah disiapkan di lobby Polresta Barelang,” ujar Ricky.

Lanjutnya, apabila belum vaksin atau sudah waktunya divaksin lanjutanm maka meminta kepada pelanggar untuk mengurus surat-surat kendaraannya yang belum lengkap, dan mengurus SIM, apabila belum memiliki SIM atau masa berlakuknya sudah habis.

Ricky menyampaikan, dengan program ini, pihaknya ingin masyarakat memiliki herd immunity dan yang belum melaksanakan vaksin 1, 2 dan 3. Dengan menyiapkan gerai vaksin dalam pelaksanaan program garansi tersebut, Kapolresta Barelang bersama Dandim 0316 juga langsung bertanya kepada pengguna jalan raya yang dirazia, dan masih menemukan ada yang belum melaksanakan vaksin dosis 2 dan 3 dalam kesempatan tersebut langsung mengarahkan untuk divaksin.

Dalam Kegiatan tersebut Kapolresta bersama Dandim 0316 Batam turun langsung meninjau pelaksanaan kegiatan dan menghimbau kepada masyarakat setelah dilakukan vaksin 1 dan 2. Apabila jaraknya sudah 3 bulan, sudah dapat melaksanakan vaksin ketiga.

“Dan disampaikan juga kepada pengunjung foodcort bahwa pelabuhan internasional akan segera dibuka, karena sudah lama ditutup dengan syarat masyarakat sudah divaksin ke-3,” tegas Kapolresta.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan peninjauan pelaksanaan Gerai Vaksin di beberapa Foodcourt di Kota Batam, seperti di Foodcourt A2 Nagoya dan Nagoya Foodcourt, Kapolresta bersama Dandim langsung berdialog dengan pengunjung foodcourt dan menanyakan langsung kepada pengunjung, apakah sudah divaksin dengan memperlihatkan aplikasi Peduli Lindungi. Dan sebagian pengunjung sudah melaksanakan vaksin ke-1 dan ke-2 serta sebagian sudah ada yang divaksin ke-3.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan pemberian tali asih kepada masyarakat. Kegiatan yang dipimpin Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N bersama dengan Dandim 0316 Batam Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan ini, juga dihadiri PJU Polresta Barelang, para Pasi Kodim 0316 Batam, personil Polresta Barelang serta personil Kodim 0316 Batam.

Kapolresta juga menghimbau masyarakat, agar tak perlu khawatir atas kegiatan ini.

“Tujuan kita untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksin. Apabila tidak sempat di siang hari dapat pada malam hari mendatangi gerai vaksinasi di foodcourt pada hari Jumat dan Sabtu,” paparnya.(*/srd)