WY (42), pelaku pencurian yang diamankan polisi. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Maling berinisial WY (42) yang beraksi di Perumahan Tembesi Raya, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, ternyata pernah mencuri di perumahan tersebut dan, merupakan residivis. Hasil kejahatannya dijual di pasar maling, wilayah Jodoh dekat Hotel Bali.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N melalui Kapolsek Batu Aji Kompol Daniel Ganjar Kristanto, mengatakan, kasus ini berawal pada Sabtu (12/3/2022) sekira pukul 11.00 WIB, ketika korban pulang ke rumah dan melihat pintu rumahnya sudah dalam keadaan terbuka. Korban melihat dan memergoki seorang laki-laki yang sedang berada di atas motor, sedangkan 1 Tv Samsung 32 inch miliknya sudah berada di luar rumah.

Mengetahui keadaan di dalam rumahnya dalam kondisi berantakan, korban bersama Ketua RT setempat beserta masyarakat mengamankan laki-laki tersebut.

Kemudian Tim Opsnal menerima laporan dari warga Perumahan Tembesi Raya. Lalu menuju ke lokasi kejadian sekitar pukul 12.30 WIB. Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek Batu Aji untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek menjelaskan, pihaknya WY merupakan residivis tindak pidana curas/ jambret yang baru bebas kurang lebih 5 bulan.

“Pelaku datang dari Ruli Baloi Persero dengan mengendarai motor Honda Vario menuju ke Perumahan Tembesi Raya Kelurahan Kibing, dan berkeliling mencari sasaran rumah yang tidak ada orangnya yang pintunya digembok dengan kunci,” ujar Kapolsek.

Setelah mendapat sasaran, gembok yang dikunci dibuka menggunakan obeng dengan maksud untuk mengambil barang-barang Elektronik (TV, Tape, dll) yang gampang dan cepat untuk dijualnya di pasar maling Jodoh, karena pelaku juga pernah satu kali mencuri barang elektronik berupa TV di Perumahan Tembesi Raya, Kelurahan Kibing.

“Barang elektronik berupa TV yang dicurinya waktu itu dijual di pasar maling daerah Jodoh,” papar Kapolsek. Namun saat beraksi keduakalinya, pelaku berhasil dibekuk.

Kapolsek menghimbau masyarakat Kota Batam khususnya masyarakat Polsek Batu Aji untuk lebih berhati-hati ketika meninggalkan rumah, pastikan rumah terkunci rapat, menitipkan ke tetangga ataupun pihak security. Bila perlu dengan memasang CCTv agar bisa memantau kondisi rumah dari jauh, apabila terjadi segera laporkan ke kantor polisi terdekat agar segera dilakukan upaya hukum.

“Atas Perbuatannya pelaku di jerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke -5e KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun,” ujarnya.(*/srd)