Polsek kinerja terbaik dan personil berprestasi akan mendapat penghargaan. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Polsek kinerja terbaik dan personil berprestasi akan mendapat penghargaan, serta pemberian bendera hitam atau ban merah kepada Polsek Pembinaan di Polresta Barelang.

Para polsek dan personil yang berprestasi diberi penghargaan oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto dalam upacara yang digelar di Lapangan Apel Mapolresta Barelang, Rabu (16/3/2022).

Kapolresta, mengatakan, piagam penghargaan untuk Polsek dengan Kinerja Terbaik untuk bulan kedua diberikan kepada Polsek Bengkong yang diterima Kapolsek Bengkong AKP Bob Ferizal. Poin penilaian terdiri dari; Penyelesaian perkara, pencapaian vaksinasi, publikasi layanan informasi kepolisian melalui media sosial dan internet.

Untuk personil yang berprestasi diberi piagam penghargaan atas prestasi dan kinerja yang sangat tinggi di bidang pelayanan publik, dan menerima piagam penghargaan dari Gubernur Kepri atas keberhasilan mendapatkan nilai pelayanan publik kategori Sangat Baik “A”.

“Penghargaan ini diberikan kepada Personil Satlantas dan Satintelkam Polresta Barelang,” ujarnya.

Personil lainnya yang penghargaan adalah, personil Satreskrim yang diterima oleh Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Reza Morandy Tarigan, dan Sat Polair yang diterima oleh Kasat Polair Kompol Syaiful Badawi. Karena personel yang bersangkutan berhasil dalam pengungkapan Kasus Tindak Pidana Orang Perseorangan Dilarang Menempatkan Pekerja Migran Indonesia Keluar Negeri Di Kawasan Pulau Terung Kecamatan Belakang Padang dan Pelabuhan Rakyat Pandan Bahari, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Kata Kapolresta, program ini akan terus berlanjut. Setiap akhir bulan dilakukan penilaian guna meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan terciptanya Harkamtibmas yang baik dan Kondusif di Kota Batam.

“Terhadap Polsek terbaik menerima bendera kuning dan kapolseknya memakai ban lengan kuning, dan Polsek nilai terendah mendapat bendera warna hitam dan Kapolseknya menggunakan ban lengan merah sebagai Polsek Pembinaan,” ujar Kapolresta.

Dijelaskan, poin dalam penilaian ini seluruh Polsek Jajaran Polresta Barelang yang dinilai adalah; Pertama, Kegiatan Patroli dengan Bobot Nilai 10 persen. Kedua, kegiatan Bhabinkamtibmas (Sambang, Tatap Muka, Penyuluhan dan Problem Solving) Bobot Nilai 10 persen. Ketiga, penilaian aplikasi BOS V2 (Binmas Online system) Bobot Nilai 10 persen. Keempat, viralisasi himbauan masyarakat melalui Media Sosial, penilaian konferensi Pers dan pembuatan berita (Link Berita) Bobot Nilai 10 persen. Kelima, penyelesaian perkara Bobot Nilai 20 persen. Enam, penilaian Dumas (Pengaduan Masyarakat) dengan Bobot nilai dikurang 2 (-2). Dan ketujuh, pencapaian pelaksanaan vaksinasi Bobot Nilai 40 persen.

Hasil dari penilaian Periode Bulan Februari 2022 yang menjadi Ranking pertama atau Polsek Terbaik adalah Polsek Bengkong dengan nilai 8,51, Ranking Kedua Polsek Belakang Padang dengan nilai 8,08, dan Ranking ketiga yakni Polsek Lubuk Baja dengan Nilai 7,90. Dan yang menjadi Polsek Pembinaan adalah Polsek Bulang dengan nilai 3,71.

“Terhadap dua polsek yaitu polsek KKB dan KKP dalam pelaksanaan penilaian tidak dapat disamakan dengan polsek lain karena ada beberapa bidang penilaian tidak ada di polsek tersebut seperti pelaksanaan vaksinasi, tidak menerima Laporan Polisi, dan tidak mempunyai petugas bhabinkamtibmas,” paparnya.

Kapolresta juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel yang telah memberikan dedikasi terbaik dalam penanganan Covid-19, baik di Polresta dan Polsek Jajaran yang ada di Kota Batam.

“Terimakasih kepada personil atas kinerja dan Prestasi dalam mencapai Pelayanan Prima dalam Pelayanan Publik serta dalam Pengungkapan Kasus Imigran Ilegal,” imbuhnya.

Ia berharap dengan piagam penghargaan yang diberikan ini, dapat menjadi motivasi bagi seluruh personil Polresta dan Polsek Jajaran untuk selalu meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat dan meningkatkan terciptanya Harkamtibmas yang baik dan Kondusif di Kota Batam dan untuk mewujudkan Polri yang presisi.

“Selalu kita berpedoman Ayo Kita Jaga Kota Batam dengan Disiplin, Loyalitas, Berkemampuan, Patuh Hukum, Bersama Kita Bisa,” tutupnya.(*/srd)