Kampung Tua Belian, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam diresmikan menjadi Kampung Pancasila. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kampung Tua Belian, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam diresmikan menjadi Kampung Pancasila Oleh Kodim 0316 Batam, Rabu (16/3/2022). Hadir dalam kegiatan ini Wakapolresta Barelang AKBP Junoto SIK.

Dandim 0316 Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan mengatakan, Kampung Tua Belian ini sebagai Pilot Project Kampung Pancasila. Dibentuknya Kampung Pancasila ini untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada masyarakat supaya mengingat dan melaksanakan kembali apa saja yang sudah tercantum dan tertuang dalam Pancasila.

“Diharapkan dengan adanya Kampung Pancasila akan terbentuknya masyarakat yang berkarakter dan berwawasan dan berjiwa Nasionalisme,” ujarnya

Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad mengatakan, atas inisiatif meresmikan Kampung Pancasila ini bahwa Pancasila inilah dinilai bisa mengharmonikan masyarakat. Nilai pancasila ini bisa merukunkan kemajemukan masyarakat yang mulai tidak peduli dengan sekitar ataupun antar agama.

“Dalam Piagam DKI disebutkan penuh keberagaman dan dari Pancasila semua bisa dipersatukan,” kata Amasakar.

Lanjut Amsakar, saat ini Pemerintah Kota Batam sedang serius untuk melakukan lompatan-lompatan bagi negeri ini, dan saat ini FKPD Kota Batam juga saling bersinergi dan kekompakan itu menjadikan positif bagi kemajuan Kota Batam.

“Salah satunya yaitu capaian vaksinasi terbaik di seluruh Indonesia. Dan ini perlu kita jaga kekompakannya maupun harmonisasinya,” paparnya.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan penyerahan sembako secara simbolis, penyerahan lambang Pancasila kepada RW 02 Kelurahan Belian, serta peresmian Kampung Pancasila ditandai dengan pemotongan pita oleh FKPD Kota Batam.(*/srd)