Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kata sambutan. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Tiga Satuan Wilayah (Satwil) Polda Kepri menerima Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Sebagai Pelayanan Publik Kategori “Predikat Pelayanan Prima” dan Kategori “Pelayanan Sangat Baik” dalam rangka hasil evaluasi Pelayanan Publik tahun 2021 untuk lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro bertempat di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Sementara itu, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto, mengikuti kegiatan secara vitual bertempat di Ruang Vicon Polda Kepri. Tiga Satwil yang menerima penghargaan adalah Polresta Barelang, Polres Tanjungpinang dan Polres Karimun.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, kehadiran pada hari ini merupakan penegasan atas komitmen mulia Polri untuk senantiasa menjadi pelindung, pengayom dan melayani masyarakat.

“Kita tentu pernah mendengar berbagai kisah pengabdian korps Bhayangkara terhadap masyarakat dengan resiko tinggi, bahkan maut demi menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat,” ujar Ma’ruf Amin.

Dikatakannya, transformasi Polri terus bergulir dari masa ke masa, salah satunya transformasi presisi yang harapannya bukan sekedar efisiensi program, melainkan wujud dan gerakan transformasi Polri secara menyeluruh.

“Transformasi Polri harus mampu menyentuh ke semua aspek mulai dari organisasi operasional pelayanan publik hingga bidang pengawasan,” paparnya.

Wapres juga mengatakan, masyarakat Indonesia tentunya mendambakan kesatuan Polri yang semakin profesional, sekaligus merakyat yang terbantu dari pelayanan terbaik.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan selamat ke seluruh jajaran Polres, Polresta, Polrestabes, Polres Metro yang menerima penghargaan. Laporan yang saya terima ada 27 penerima penghargaan Pelayanan Prima artinya jumlah dan kualitas lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ucapnya

Masih kata Ma’ruf Amin, penghargaan seperti ini tidak datang sendirinya tapi di baliknya ada kerja keras, keberanian dan ketulusan yang mendahuluinya berbagai prestasi yang telah diukir Polri yang dirasakan oleh masyarakat tentu kualitas pelayanan yang berintegrasi bersih dari korupsi cepat dan mudah.

Ia berpesan, agar terus meningkatkan kompetensi SDM polri termasuk peningkatan mitrasibilita kualitas polri yang semakin profesional kompeten dan berkarakter.

“Pahami bahwa pengawasan publik saat ini semakin benderang dan tanpa batas dan telinga masyarakat selalu hidup memperhatikan gerak langkah kepolisian yang dapat menjadi mudah viral di media sosial,” ungkapnya.

Deputi Pelayanan Publik Menpan RB Diah Natalisa mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja jajaran Polri atas peran aktifnya baik melalui pengaturan mobilitas masyarakat dan keamanan, bahkan juga tidak sedikit anggota yang terpapar virus Covid-19 dalam menjalankan tugas untuk masyarakat.

“Dalam hal ini Polri telah menerapkan Salus Populi Suprema Lex Esto maka keselamatan dan kepentingan rakyat adalah yang paling utama. Semoga hal ini terus bisa dipertahankan dan mengedapankan profesionalitas yang mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Diah.

Diah menjelaskan, tujuan diselenggarakannya pemberian penghargaan tersebut untuk memberikan apresiasi dan mendorong motivasi penyelenggara pelayanan publik untuk terus melakukan perbaikan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik, yang bertujuan untuk mempublikasikan secara luas atas prestasi yang sudah dicapai oleh masing-masing unit, sehingga diharapkan akan memacu persaingan positif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan public,” ujar Diah.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya mengatakan, ia mengucapkan terima kasih atas penghargaan dari Menpan RB.

“Bagi kami ini merupakan motivasi dan ini menjadi energi positif untuk kita semua, dan tentu juga khususnya untuk yang tadi mendapatkan penghargaan ketegori pelayanan prima dengan sangat baik,” ujarnya.

Dikatakan Listyo Sigit Prabowo, program mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi yaitu mengintegrasikan berbagai pelayanan publik ke dalam aplikasi polisiku yang akan diubah menjadi aplikasi presisi Polri kemudian masyarakat dapat mengakses seluruh pelayanan Kepolisian hanya dengan satu aplikasi.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S mengatakan, 3 Satwil Polda Kepri yang menerima Penghargaan dari Kemenpan-RB adalah Polresta Barelang menerima Penghargaan sebagai Pelayanan Publik kategori “Predikat Pelayanan Prima” dan Polres Tanjungpinang serta Polres Karimun menerima Penghargaan sebagai Pelayanan Publik kategori “Pelayanan Sangat Baik”.

Dalam kesempatan tersebut, para Kapolres/Ta/Tabes/Metro dan jajarannya mendapatkan arahan dari Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin.

Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan secara langsung kepada Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro meraih predikat A atau Pelayanan Prima. Hasil evaluasi tahun 2021, sebanyak 27 Polres/Polresta/Polrestabes berhasil mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima ketegori A, termasuk Polresta Barelang Polda Kepri.

Sebanyak 78 Satwil Kategori A- Berpedikat Pelayanan Sangat Baik, termasuk Polres Tanjungpinang Polda Kepri dan Polres Karimun Polda Kepri serta 116 Satwil mendapat kategori B predikat Baik.

Lanjut Harry, pihaknya berharap dengan diberikannya predikat Pelayanan Prima dan Pelayanan Sangat Baik kepada Polresta Barelang, Polres Tanjungpinang dan Polres Karimun Polda Kepri ini ke depannya akan lebih baik lagi.

“Mampu menciptakan iklim persaingan sehat di internal untuk melakukan hal yang sama. Serta berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi ke depannya,” pesan Harry.(*/srd)