Ketua DPC INSA Batam terpilih periode 2022-2026, Saptana Tri Prasetiawan. Foto: BatamLagi.com/srd

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) Batam menggelar rapat anggota cabang (RAC) sekaligus pemilihan ketua periode 2022-2026 di Pacific Hotel, Sabtu (19/2) siang. Saptana Tri Prasetiawan terpilih menakhodai INSA Batam.

Rapat anggota cabang INSA Batam ini dihadiri 71 anggota dari 109 yang terverifikasi. Mereka memberikan hak suara untuk pemilihan ketua periode 2022-2026.

Dalam pemilihan ketua INSA Batam, ada dua orang kandidat calon ketua yang akan dipilih yakni Osman Hasyim (petahana) dan Saptana Tri Prasetiawan.

Setelah pemilihan berakhir dan dilakukan penghitungan suara Saptana Tri Prasetiawan mendapat 41 suara, dan Osman Hasyim mendapat 30 suara. Dengan hasil ini Saptana Tri Prasetiawan mengungguli Osman Hasyim. Selanjutnya Saptana akan memimpin DPC INSA Batam periode 2022-2026.

Saptana menyampaikan, dalam kepemimpinannya nanti hal pertama yang akan dilakukan adalah merangkul kembali semua anggota untuk pembenahan internal, serta mempererat hubungan dengan stakeholder di Batam.

“Dalam waktu dekat ini, kami anggota INSA Batam akan duduk bersama membicaran apa saja yang menjadi permasalahan selama ini. Ke depan INSA Batam akan berkontribusi terhadap kemajuan maritim Batam.

“Dimana dalam dua tahun terakhir, aktivitas maritim atau perkapalan mengalami kelesuan, dan baru di awal tahun 2022 sedikit mengalami kenaikan. Bersinerginya INSA Batam dengan stakeholder yang ada di Batam, kami optimistis dunia maritim Batam akan bangkit Kembali,” ujarnya.

Saptana juga meminta kepada ketua yang lama, Osman Hasyim untuk tetap memberikan dukungan kepada INSA Batam.

“Beliau adalah guru saya. Saya banyak belajar dengan beliau, demi INSA Batam, kami harap pak Osman Hasyim tetap ikut berkontribusi,” ungkap Saptana.

Sementara Osman Hasyim berpesan, ke depan tantangan semakin berat, oleh karena itu INSA Batam harus tetap solid, dan meneruskan perjuangan yang belum terealisasi.

“Bersatu membangun INSA Batam, program yang baik mesti dilanjutkan,” ucapnya.

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar yang hadir dalam acara tersebut, memberikan dukungan penuh kepada INSA Batam. Ia berharap, siapapun yang terpilih menjadi ketua, agar bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mendorong kebangkitan maritim di Batam.

“INSA Batam supaya lebih intens bekerjasama dengan semua stakeholder di Batam,” ujarnya.

Ketua DPP INSA, Carmelita Hartoto secara virtual mengucapkan selamat kepada Ketua INSA Batam yang terpilih, dan ia meminta agar segera menyusun struktur organisasi yang baru demi kelancaran organisasi.

“Ketua yang terpilih bisa membuat perubahan yang lebih baik demi INSA dan kemajuan maritim Indonesia pada umumnya,” kata Carmelita Hartoto.(*/srd)