Kondisi Jalan S.Parman di wilayah Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam. Foto: BatamLagi.com/srd

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kondisi Jalan S.Parman di wilayah Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, mulai dari depan Panbil Mall sampai Tanjung Piayu, sangat memprihatinkan. Jalan itu sudah lama tidak diperbaiki pihak Pemprov Kepri.

Adi mengatakan, sepanjang Jalan S.Parman sudah penuh lubang, dan tidak nyaman bagi pengguna jalan yang melewatinya.

“Ibarat anak gadis yang penuh dengan jerawat dipandang saja tak nyaman apalagi dilewati. Juga ibarat anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Atau dianaktirikan,” ujar Adi, warga Tanjung Piayu kepada Media ini Kamis (17/2).

Dikatakan Adi, jalan tersebut sudah bertahun-tahun dikeluhkan warga dan pengguna Jalan lainnya, terutama pengendara sepeda motor.

“Jalan yang merupakan jalan provinsi tersebut sampai saat ini belum ada tanda-tanda ada perbaikan dari dinas terkait dan Pemerintah Provinsi Kepri,” ucapnya.

Karena sudah lama tak ada perbaikan, tambah Adi, kondisi jalan saat ini sudah sangat memperihatinkan.

“Sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengendara bermotor yang melintas di sana. Hal ini karena disebabkan banyak titik jalan yang rusak dan berlubang daerah tersebut,” paparnya.

Apalagi kalau kondisi hujan, jalan berlubang itu akan tertutup air, sehingga ban sepeda motor bisa masuk lubang dan membahayakan pengendaranya.

Yanto salah seorang pengendara motor mengatakan, dirinya sempat jatuh saat hujan melanda wilayah tersebut. Ban motorya masuk ke lubang yang tertutup air di dekat terminal Mukakuning.

Diceritakan Yanto, jalan itu dari dulu sampai sekarang tidak pernah mulus, paling kalau ada perbaikan hanya ditambal-tambal saja.

“Coba dibandingkan dengan jalan lain di Kota Batam, kondisinya jauh berbeda, di tempat lain kondisinya bagus dan mulus,” imbuhnya.

Atas kondisi tersebut, Yanto meminta Pemprov Kepri melalui dinas terkait bisa memperhatikan dan membuat Jalan S. Parman yang rusak tersebut menjadi mulus, dan harapannya Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Kepri, DPRD Kota Batam yang terpilih dari Dapil Sei Beduk, atau yang mendapatkan suara dari Sei Beduk dapat bersuara dan perjuangan kepentingan warga masyarakat Sei Beduk.

“Jangan datang hanya waktu mau pemilu, atau mencari pemilih. Setelah jadi tidak memperhatikan jalan yang pernah dilaluinya,” cetusnya.

Bowo warga Mangsang juga mengatakan, jalan ini sudah lama dikeluhkan warga, tapi belum kunjung diperbaiki.

“Saya khawatir ke depan bisa membahayakan pengguna Jalan. Warga di sini beberapa kali telah memperbaikinya dengan menambal sulam, namanya ditambal begitu, mana ada kekuatannya,” ujarnya.

Katanya, sering diperbaiki atau ditambal sama masyarakat, tapi percuma juga. Kalau drainase tidak dinormalkan.

“Makanya, kita meminta Pak Gubernur Kepri dan wakilnya serta  wakil rakyat bisa mendengar keluhan dan memperbaiki jalan S.Parman Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam,” harap Bowo.(*/srd)