Tim Puslitbang Polri di Polresta Barelang. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Tim Puslitbang Polri (Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri melaksanakan Penelitian tentang “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri” Bertempat di Aula Anindhita Lantai 2 Mapolresta Barelang. Senin (14/2).

Tim Peneliti Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K bersama Penda TK I Nailatalmuna N.A.,M.ec,Dev, Penda Tegawati A.md. dihadiri juga oleh Tim Supervisi Kombes Pol F.X. Surya Kumara, S.H., M.H. dan Bripda Revaldo.

Kegiatan puslitbang ini diikuti para Pejabat Utama Polresta Barelang, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kasat Lantas, Kasat Samapta, dan bersama responden dari tokoh masyarakat, tokoh agama, yang ada di Kota Batam, untuk pendalaman seberapa puas masyarakat Kota Batam terhadap Kinerja Polresta Barelang khususnya dalam hal pelayanan publik.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIk, MH mengatakan, maksud dan tujuan penelitian dari pusat langsung ke daerah kewilayahan ini adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri Polresta Barelang khususnya pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta.

Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K., mengatakan dalam sasaran penelitian puslitbang internal terhadap satuan kerja. Di antaranya yakni Pelayan SIM, Pelayanan SKCK, Pelayanan Pengaduan Masyarakat, apakah sudah sesuai dengan prosedur atau SOP dalam kecepatan dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polresta Barelang.

“Selain pendalaman internal, Tim Puslitbang juga akan melakukan pendalaman eksternal kepada perwakilan tokoh masyarakat Kota Batam yang diundang. Diharapkan perwakilan masyarakat ini betul-betul transparan sesuai yang dialaminya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan 2 kunci kesuksesan pelayanan kepada masyarakat yaitu; dukungan publik dan restu publik, tentunya ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian terutama Polresta Barelang.

Kegiatan Tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para responden, maupun terhadap masing-masing fungsi kepolisian.

“Hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan Pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian di kemudian hari,” tutupnya.(*/srd)