Motor yang diamankan polisi dari pelaku penuciian AJP. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Maling cilik ini kembali beraksi. Pelaku anak usia bawah umur berinisial AJP (15) itu ditangkap jajaran Polsek Sei Beduk, di Perum Bida Ayu, Jumat (21/1). Tiga motor berhasil diamankan.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Sei Beduk AKP Felix Mauk, SH, mengatakan, penangkan pelaku berawal pada Jumat sekitar jam 06.00 WIB, korban yang mau pergi bekerja sudah tak melihat motor Honda Beat Warna Putih Biru yang diparkir di teras rumahnya.

“Setelah dicari motor tersebut tidak ditemukan. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 8 juta. Lalu korban melaporkan hal tersebut ke Polsek Sei Beduk untuk ditindaklanjuti,” ujar Kapolsek yang didampingi Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba, SH, Kanit Reskrim Polsek Sei Beduk IPTU Doddy Basyir, SH, MH saat ekspos kasus pencurian itu, Senin (24/1).

Lanjut Kapolsek, setelah menerima Laporan Polisi dari pelapor, sekira pukul 22.00 WIB, Tim Opsnal Polsek Sei Beduk mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada 1 motor yang diduga hasil dari curian yang diletakkan di Bukit Kemuning, belakang ruko kosong.

Mendapati informasi tersebut Unit Opsnal yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Doddy Basir, SH, MH, langsung bergerak ke TKP, kondisinya sudah dipreteli. Kemudian Tim melakukan penyelidikan, dan mendapat informasi bahwa motor tersebut adalah hasil curian pelaku AJP.

Kemudian Unit Opsnal bergerak mencari keberadaan pelaku AJP, dan berhasil menemukan pelaku di Perumahan Bida Ayu. Selanjutnya dilakukan intrograsi, Pelaku mengakui jika motor tersebut dicuri dari Kavling Pancur Swadaya Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk.

Kemudian Unit Opsnal membawa tersangka menuju ke alamat tersebut. Di sana bertemu dengan pemilik sepeda motor dan mengatakan, benar motor itu telah hilang dicuri. Selanjutnya Unit Opsnal membawa tersangka dan barang bukti serta korban ke Polsek Sei Beduk guna pengembangan lebih lanjut.

Dari tangan pelaku diamankan 3 motor, yakni; 1 Honda Beat warna biru putih, 1 motor Jupiter Z tanpa plat warna abu-abu (Motor yang di gunakan sebagai sarana melakukan pencurian), dan 1 motor Vega R (merupakan hasil pengembangan).

Kapolsek juga mengatakan, saat melakukan perbuatannya, pelaku hanya mendorong motor yang tidak dikunci stang.

“Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP Dengan ancaman pidana maksimal 7 Tahun penjara,” tutupnya.(*/srd)