Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Foto: ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (Booster) akan digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) pada Jumat 14 Januari 2022. Untuk nasional, vaksinasi booster sudah dimulai per tanggal 12 Januari 2022.

“Untuk Kepri kita akan launching perdana di Kota Batam tepatnya di Vihara Duta Meitraya pada pukul 13.30 WIB, ” kata Gubernur Ansar saat menggelar vicon Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster di Kepulauan Riau dari Graha Kepri Batam, Rabu (12/1).

Dikatakan Gubernur Ansar, pelaksanaan vaksinasi perdana nanti juga akan dihadiri langsung Mendagri RI Tito Carnavian bersamaan dengan kunjungan kerjanya di Provinsi Kepri.

Adapun untuk kabupaten/kota se-Kepri, akan dimulai pada pukul 08.00 WIB di masing-masing titik pusat pelayanan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi perdana dosis ke-3 sambung Gubernur Ansar lagi, akan diprioritaskan untuk para lansia dan mereka yang sudah di atas usia 18 tahun, serta sudah mendapatkan 2 kali vaksin secara lengkap, dengan durasi suntikan terakhir sudah berjalan 6 bulan.

“Kita targetkan vaksinasi perdana di Kepri sebanyak 15 ribu orang, ” jelas Gubernur Ansar.

Gubernur pada kesempatan tersebut juga menekankan, bahwa pelaksanaan vaksinasi booster kali ini, dimaksudkan sebagai tambahan untuk lebih meningkatkan kekebalan antibodi imun tubuh. Setelah sebelumnya, mendapatkan dua kali vaksinasi. Pemberian vaksinasi ke 3 kali ini, juga dipastikan relatif lebih aman. Dimana resiko adanya keluhan pasca dilakukan suntikan vaksinasi, seperti Kejadikan Ikutan Pasca Imuninasi (KIPI) potensinya sangat kecil sekali.

“Terlebih teknis penyuntikan vaksin ke tiga nanti, hanya akan diberikan setengah dari dosis yang diberikan yakni 0,25 persen. Bukan dengan dosis penuh 0,50 persen,” tegas Gubernur Ansar lagi.

Adapun teknis penyuntikan vaksinasi nanti, sesuai kebijakan Kemenkes RI adalah, untuk vaksin primer sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis pfizer atau Astrazeneca. Sedang untuk mereka yang telah menerima vaksin primer pertama astrazeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua Astrazeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis yakni moderna.

Pada kesempatan tersebut, seluruh perwakilan peserta vicon menyampaikan kesiapan pelaksanaan vaksinasi perdana di masing masing wilayahnya. Seperti dari Kabupaten Anambas yang langsung disampaikan Bupati Abdul Haris yang menargetkan 250 orang divaksinasi.

Kemudian dari Kabupaten Natuna yang disampaikan Wakil Bupati Rodhial Huda dengan target 350 orang. Kemudian dari Kabupaten Karimun yang disampaikan langsung Sekda Muhammad Firmansyah menargetkan dengan sebannyak 2.500 orang untuk vaksinasi.

Berikutnya Kadiskes Kota Tanjungpinang yang menargetkan vaksinasi perdana sebanyak 2.500 orang. Selanjutnya Kota Batam yang disampaikan oleh Asisten 1 Yusfa Hendri dengan target sebanyak 4.500 orang. Adapaun Kabupaten Bintan yang diwakili Kadiskesnya menargetkan 1.500 orang, serta Kabupaten Lingga yang juga disampaikan Kadiskesnya, menargetkan sebanyak 300 orang untuk divaksinasi.

Gubernur Ansar juga memastikan ketersedian vaksin di Kepri dan seluruh kabupaten/kota dipastikan cukup dan tersedia. Terlebih kita juga terus berkoordinasi dengan pusat, untuk terus mendatangkan stok vaksin agar ketersediaanya aman dan memadai.

Turut serta dalam vicon dari Graha Kepri Pj Sekdaprov Kepri Lamidi, Staf Khusus Safarudin Aluan, Wakil Ketua Harian Satgas Covid 19 Kepri Tjejep Yudiana, Kadiskes M Bisri, Kepala BP2RD Reni Yusneli, Kepala Biro Umum Abdullah, dan peserta lainnya.(fik/dki)