Api saat berkobar di Ruangan Fraksi Hanura DPRD Kota Batam, Selasa (11/1) siang.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ruangan Fraksi Hanura DPRD Kota Batam, Selasa hangus dilalap si jago merah, Selasa (11/1) siang. Penyebab sementara diduga berasal dari korsleting (arus pendek) listrik.

Peristiwa tak duga itu, sempat membuat kepanikan sejumlah staf dewan. Juga sejumlah wartawan yang tiap hari ngepos di gedung wakil rakyat itu. Mereka pun berhamburan menyelamatkan diri.

Api yang keluar tiba-tiba itu, cepat menjalar di ruangan tersebut. Seisi ruangan ludes dilalap. Plafon dan sejumlah barang-barang di dalam ruangan tinggal puing.

Empat mobil pemadam kebakaran pun diturunkan. Namun sebelumnya, sejumlah staf dewan sudah siaga untuk menjinakkan si jago merah.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Batam, Aspawi kepada wartawan menduga penyebab kebakaran dari korsleting kabel di atap plafon ruangan tersebut.

“Kebakaran terjadi tepat pukul 11.00 WIB, diduga karena korsleting kabel di atap plafon,” ujarnya.

Dijelaskan Aspawi, tidak ada arsip penting yang terbakar dalam peristiwa tersebut. Sejumlah kursi, meja dan karpet juga turut terbakar.

“Arsip aman, kerugian belum kita ketahui masih fokus pemadaman,” ucapnya.

Pantauan di lokasi, karena lokasi yang dekat jalan, peristiwa itu menarik perhatian pegawai kantor yang ada di dekat gedung DPRD Kota Batam. Seperti pegawai Pemko, Imigrasi, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Batam.

Para pemakai jalan yang melintas pun menyempatkan untuk menonton peristiwa tersebut.

“Wah, besar juga ya apinya. Habislah ruangannya itu. Untung tak terjadi malam hari,” ucap warga.(*/red)